Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 31 Mar 2021 17:05 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Legenda di Balik Terbentuknya Telaga Warna di Dieng

Elisa Intan
detikTravel
Telaga Warna Dieng
Telaga warna di Dieng. Foto: Reexy/d'traveler
Dieng -

Memiliki air yang dapat berubah ubah warnanya di kala siang hari, membuat Telaga Warna menjadi hal menarik untuk dibahas. Bagaimana sih asal mula Telaga Warna?

Objek wisata yang berada di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah ini berada di ketinggian 2000 Mdpl dan dikelilingi oleh bukit tinggi yang menambah pesona dari Telaga Warna yang memang sudah memesona.

Memiliki warna pantulan air yang cukup banyak, mulai dari kuning, biru, hijau atau terkadang seperti pelangi. Telaga Warna juga memiliki banyak legenda tentang asal mulanya, mulai dari pakaian putri dan ratu yang terbang ke telaga, cincin bangsawan, hingga kalung putri raja.

Beberapa masyarakat percaya bahwa asal-usul Telaga Warna berasal dari seorang putri dan ratu yang suatu hari memutuskan untuk mandi di sebuah telaga.

Telaga Warna DiengTelaga Warna Dieng Foto: Aldi Sanjaya Putra/d'Traveler

Saat sudah menanggalkan dan menggantung pakaiannya di sebuah pohon, tiba tiba datang angin kencang yang menerbangkan pakaian sang putri dan ratu ke telaga.

Kemudian warna air telaga menjadi sesuai dengan warna pakaian yang dikenakan sang ratu dan putri.

Selain itu terdapat legenda yang mengatakan bahwa warna air yang berubah ubah di telaga warna disebabkan dari sebuah cincin bangsawan yang jatuh ke dalam telaga. Karena cincin yang jatuh dianggap sangat 'sakti' maka itu membuat warna air telaga dapat berubah ubah.

Masyarakat juga sering memantaskan drama Telaga Warna yang berkisah tentang Putri Gilang Rukmini yang diberikan hadiah kalung untuk ulang tahunnya yang ke-17 namun sang putri malah tidak suka dan membuang kalungnya.

Melihat hal tersebut, membuat permaisuri dan rakyat menangis melihat tingkal laku putrinya, bersamaan dengan itu tiba tiba muncul mata air yang tiada henti hingga menenggelamkan kerajaan hingga menjadi Telaga Warna karena pantulan dari permata kalung sang putri.

Namun, secara ilmiah pergantian warna air dari Telaga Warna disebabkan karena kandungan sulfur yang terdapat di telaga ini cukup tinggi. Sehingga saat matahari menyinari permukaan telaga maka pantulan warna airnya akan nampak berwarna warni.



Simak Video "Pesona Keindahan Telaga Warna Dieng, Objek Wisata Andalan di Wonosobo"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA