Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 23 Mei 2021 07:03 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Gowes di Bogor/Depok? Yuk Cobain Sensasi Goyang di Jembatan Gantung

Depok/Bogor -

Semenjak pandemi COVID-19, orang menjadi sulit untuk sekedar berlibur ke luar kota. Di sekitar Jabodetabek sebenarnya banyak tempat asyik untuk liburan. Liburan kali ini detikTravel mengajak travelers gowes ke daerah Depok dan Bogor.

Berangkat dari daerah Cinangka, Pondok Cabe, detikTravel yang gowes bareng komunitas sepeda Pedal Community Indonesia mencari rute-rute yang sering dilalui pegowes. Salah satunya rute menuju Sawangan dan langsung ke Curug, Depok.

Rute yang dilalui termasuk Situ Sawangan yang cukup asyik untuk sekedar beristirahat. Di sana ada warung-warung yang menyediakan minuman seperti kopi atau cemilan gorengan kesukaan pegowes.

Setelah mengayuh pedal beberapa km kemudian detikTravel menemui sebuah jembatan Gantung di kawasan Curug, Depok, Jawa Barat.

Pesepeda melewati jembatan gantung di Curug, Depok. Jembatan ini menghubungkan Depok dan BogorPesepeda melewati jembatan gantung di Curug, Depok. Jembatan ini menghubungkan Depok dan Bogor Foto: Dadan Kuswaraharja

Jembatan gantung ini merupakan penghubung Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok dengan Desa Curug, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. Jembatan ini rupanya sudah menjadi favorit buat para pesepeda.

Warga melintas di jembatan gantung di Curug, Depok, Jabar. Jembatan yang membentang di atas Kali Angke tersebut menghubungkan Depok dengan Bogor.Jembatan gantung di Curug, Depok, Jabar. Jembatan yang membentang di atas Kali Angke tersebut menghubungkan Depok dengan Bogor. Foto: Ari Saputra

Jembatan gantung ini membentang di atas Kali Angke. Satu per satu pegowes melalui jembatan, sesekali harus berhenti karena dari arah berlawanan ada pemotor yang juga melewati jembatan gantung.

Warga melintas di jembatan gantung di Curug, Depok, Jabar. Jembatan yang membentang di atas Kali Angke tersebut menghubungkan Depok dengan Bogor.Warga melintas di jembatan gantung di Curug, Depok, Jabar. Jembatan yang membentang di atas Kali Angke tersebut menghubungkan Depok dengan Bogor. Foto: Ari Saputra

Karena ini jembatan gantung, siap-siap saja merasakan sensasi jembatan bergoyang kalau ada yang lewat dari seberang. Saat dilalui detikTravel, arus Kali Angke di bawah jembatan gantung dengan panjang sekitar 50 meteran dengan lebar 1,8 meter ini lumayan cukup deras, apalagi setelah malam sebelumnya hujan turun cukup deras di daerah ini.

Sebelum diresmikan tahun 2019 lalu, jembatan hanya terbuat dari bambu dengan konstruksi ala kadarnya. Jembatan bambu itu sempat terputus akibat terkena banjir. Sehingga warga yang menggunakan kendaraan bermotor perlu memutar untuk menuju tujuan.

Apalagi di seberang jembatan yang terputus itu ada makam Poncol milik masyarakat Curug, Kota Depok. Jadi kalau ada yang mau berziarah harus memutar cukup jauh. Untung saja sudah ada jembatan gantung yang lebih kuat meski hanya bisa dilalui kendaraan roda dua seperti motor atau sepeda.

Warga melintas di jembatan gantung di Curug, Depok, Jabar. Jembatan yang membentang di atas Kali Angke tersebut menghubungkan Depok dengan Bogor.Pesepeda melintas di jembatan gantung di Curug, Depok, Jabar. Jembatan yang membentang di atas Kali Angke tersebut menghubungkan Depok dengan Bogor. Foto: Ari Saputra

Di sekitar jembatan gantung, jika ingin ngopi sejenak, di kedua ujungnya ada tempat yang asyik untuk beristirahat. Mulai dari warung Ibu Diana, atau warung di seberang jembatan, warung yang berada di saung makam Poncol.

Nah itu dia travelers, sensasi bersepeda melewati jembatan gantung di Curug, Depok. Travelers ada tempat favorit bersepeda lainnya untuk liburan? Silakan berbagi di komentar di bawah ini.

(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA