Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 03 Jun 2021 20:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Kenapa Kecamatan di Papua Disebut Distrik? Ini Jawabannya

Hari Suroto
detikTravel
Papan Nama Distrik di Papua
Foto: Papan nama distrik Teluk Mayalibit (Hari Suroto/Istimewa)
Jayapura -

Bagi traveler yang baru pertama kali berkunjung ke Papua, mungkin tidak biasa dengan istilah distrik untuk menyebut kecamatan. Begini sejarah istilah distrik di Papua:

Distrik adalah sebutan untuk kecamatan di Papua, distrik dipimpin oleh kepala distrik atau setingkat camat. Di Papua tidak dikenal istilah desa.

Pemerintahan di bawah distrik yaitu kampung untuk di kabupaten atau kelurahan untuk di perkotaan. Kepala kampung dipilih oleh warga. Sedangkan kepala kelurahan adalah ASN yang ditunjuk oleh walikota atau bupati.

Sebagai contoh, Kota Jayapura walaupun disebut kota, tetapi juga memiliki kampung-kampung di pinggir kota atau di wilayah perbatasan dengan Papua Nugini.

Sedangkan Kabupaten Jayapura juga memiliki kelurahan, tetapi hanya sebatas di Distrik Sentani yang merupakan pusat kabupaten.

Istilah distrik atau district merupakan peninggalan Belanda yang pernah berkuasa di Papua hingga 1962. Pada masa pemerintahan Belanda, pemerintahan di atas district adalah onderafdeeling yang dikepalai oleh seorang controleur.

Controleur akan bertanggungjawab kepada assistent resident selaku kepala afdeeling. Pada masa Belanda, Papua disebut Nederlandsch Nieuw Guinea yang dikepalai oleh seorang gubernur.

Pada masa itu, ada gubernur yang agak berbeda dengan yang lainnya. J van Baal yang menjadi gubernur pada 1 April 1953 hingga 1 Mei 1958, ia adalah seorang antropolog yang mendirikan Kantoor voor Bevolkingszaken di Hollandia, sebutan Kota Jayapura saat itu.

Melalui kantor ini, J van Baal menugaskan para ilmuwan Belanda dari segala bidang untuk melakukan penelitian tentang Papua untuk digunakan dalam perencanaan dan pelaksanaan kebijakan pemerintah Belanda di Papua.


---
Artikel ini dibuat oleh Hari Suroto dari Balai Arkeologi Papua dan diubah seperlunya oleh redaksi.



Simak Video "Warga Papua Curhat ke Fraksi PAN DPR soal Revisi UU Otsus"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA