Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 08 Jun 2021 16:25 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Kualanamu, Bandara Terbesar Ke-3 di Indonesia yang Dikelilingi Sawit

Putu Intan
detikTravel
Kualanamu, Bandara Terbesar Ke-3 di Indonesia yang Dikelilingi Sawit
Foto: Bandara Internasional Kualanamu (Putu Intan/detikcom)
Medan -

Ada yang unik dari Bandara Internasional Kualanamu. Bandara mewah ini berdiri di tengah sawah dan sawit.

Selasa (8/6/2021) pagi detikcom bersama rombongan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bertolak dari Jakarta menuju Medan. Setelah dua jam terbang, rombongan mendarat di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara.

Berbeda dengan pemandangan bandara di Jakarta yang dikelilingi permukiman padat penduduk dan gedung pencakar langit, Kualanamu berada di tengah sawah dan kebun sawit. Sesaat sebelum pesawat mendarat, dapat terlihat hamparan sawah nan hijau dan pepohonan sawit yang jadi ciri khas daerah tersebut.

Kualanamu, Bandara Terbesar Ke-3 di Indonesia yang Dikelilingi SawitKualanamu, Bandara Terbesar Ke-3 di Indonesia yang Dikelilingi Sawit Foto: (Putu Intan/detikcom)

Bandara terbesar ketiga di Indonesia ini memiliki bangunan megah dan moderen. Tampak berbeda dengan lingkungan sekitarnya yang masih alami.

Jika ditelisik dari sejarahnya, bandara yang diresmikan pada 2013 itu memang berdiri di bekas lahan perkebunan kelapa sawit milik PT Perkebunan Nusantara II. Sisa-sisa sawit masih terlihat di jalan keluar Bandara Internasional Kualanamu.

Selain itu sepanjang jalan dari bandara menuju Kota Medan pun traveler dimanjakan dengan hijaunya sawah dan nuansa pedesaan. Jalan yang dilalui memang sudah beraspal namun sempit, hanya mampu menampung dua mobil dari dua arah berlawanan.

Melewati jalanan ini terasa menyenangkan di pagi hingga siang hari. Mungkin akan terasa menegangkan bila hari mulai gelap sebab lampu jalan masih minim di sana.

Jika mengingat betapa megahnya bandara yang bahkan dilengkapi dengan fasilitas kereta cepat, rasanya begitu unik dapat melihat dua hal kontras ini berdiri berdampingan. Pengalaman yang dapat traveler rasakan jika mendarat di Bandara Internasional Kualanamu



Simak Video "Terkuaknya Layanan Tes Antigen di Kualanamu Pakai Alat Bekas"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA