Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 18 Jun 2021 10:22 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Tahu Enggak, Kalau Kantor Pos Ini Dulunya RS Korban Perang?

bonauli
detikTravel
Kantor Pos Indonesia Bandung
Kantor Pos Indonesia Bandung (Rafida Fauzia/detikcom)
Bandung -

Kantor pos yang sangat spesial. Jadi saksi bisu sejarah penting, inilah Kantor Pos Bandung. Beralamat di jalan Asia Afrika nomor 49, Kantor Pos Bandung berada dekat dengan jantung kota. Sebagai tempat pengantaran surat, Kantor Pos Bandung memiliki perjalanan panjang.

Bersama Cerita Bandung, detikTravel melakukan walk tour keliling kota. Rute yang dipilih adalah kawasan Asia Afrika. Kantor Pos Bandung menjadi salah satu harta karun yang tersembunyi.

"Dulunya Kantor Pos Bandung adalah rumah sakit korban perang," ujar Heri Ludianto, polisi yang berjaga di Kantor Pos Bandung.

Kantor Pos BandungKantor Pos Bandung Foto: (Bonauli/detikcom)

Meski jadi rumah sakit, namun bentuk bangunan tak berubah sama sekali. Rumah sakit ini memang hanya terdiri dari dua lantai saja. "Saat itu sepanjang lorong ini jadi tempat pasien korban perang, tak ada kamar," ucapnya.

Memang, seperti rumah sakit korban perang lainnya, tak ada bangsal di sana. Semua pasien berbaring di lorong dengan perawat dan dokter yang mondar-mandir.

Sementara itu, lantai atas menjadi ruang operasi untuk pasien luka berat. Bagian belakang rumah sakit menjadi kamar jenazah.

"Setelah jadi kantor pos, bagian atas dialihfungsikan menjadi kantor-kantor. Semua masih sama persis seperti tahun 1963. Yang diperbaiki hanya catnya saja," cerita Heri.

Waktu terus berjalan. Dalam kesengsaraan akibat penjajah, pejuang menduduki Bandung Selatan. Kantor Pos ini menjadi salah satu markas pejuang saat itu.

"Sebelum dibumihanguskan, penduduk meninggalkan rumah mereka. Salah satu yang dibakar adalah kantor pos ini," lanjutnya.

Karena terbuat dari batu kali, kantor pos ini tetap berdiri teguh. Yang ada, bangunan makin kinclong karena kena kobaran api.

Kantor Pos BandungKantor Pos Bandung Foto: (Bonauli/detikcom)

Tetap menjadi kantor pos hingga sekarang, tempat ini masih terawat dan terjaga. Bahkan, wisatawan bisa melihat perkembangan pengantaran surat sejak zaman kolonial.

"Dulu itu namanya Brievenbus, yang membuat namanya Brieven orang Belanda," jelasnya.

Penduduk yang ingin berkirim kabar bisa memasukkan surat lewat kotak surat yang terbuat dari baja. Ada pula bis surat yang dibuat dari dua sisi dinding bangunan. Dari depan bangunan seperti celengan, sedangkan di dalam kantor terlihat pintu kecil untuk mengambil surat yang masuk.

"Brivenbus ini terbuat dari besi 100 persen. Berat dan masih asli," ucapnya.

Heri juga bercerita bahwa Brievenbus ini sudah tidak digunakan lagi. Karena kuncinya diambil oleh sang pemilik.

"Entah sengaja dihilangkan atau memang hilang, tapi bisa surat ini sudah terkunci. Karena sudah tidak bisa digunakan, jadi sekalian kita tutup saja," ungkapnya.

Kantor Pos BandungKoleksi perangko di Kantor Pos Indonesia Bandung Foto: (Bonauli/detikcom)

Koleksi lainnya yang dipajang di sana adalah perangko. Dibingkai dalam satu foto, ada ribuan perangko yang dipajang di sana.

"Itu pembuatannya 10 tahun dari tahun 1981-1990. Perangko itu ciri khas dari PO BOX," jelasnya.

PO BOX kini sudah tidak digunakan, karena fungsinya digantikan dengan kode pos. Tak seperti yang kita tahu PO BOX bukanlah singkatan. Cara bacanya tidak dieja melainkan dibaca semua. Wah, jadi semakin tambah ilmu, ya!



Simak Video "Sensasi Berkeliling di Jalan Asia-Afrika Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA