Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 02 Jul 2021 20:03 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Kebanggaan! Ini Pemandian Air Soda Satu-satunya di Indonesia

bonauli
detikTravel
Pemandian Air Soda Tarutung
Pemandian Air Soda (Bonauli/detikcom)
Tarutung -

Tarutung punya pemandian yang unik dan langka. Hanya dua di dunia, inilah pemandian air soda. Tepatnya di Desa Parbubu, Tarutung, Sumatera Utara, pemandian ini hanya berjarak satu km dari kota. Akses jalannya tak begitu mulus, namun pemandian ini mudah ditemukan.

Dikenal sebagai tempat pemandian umum, air soda ramai oleh pengunjung. Sebelum jadi tempat wisata, warga sudah lebih dulu menggunakannya untuk pemandian sehari-hari.

Berada di pinggir jalan, pemandian ini langsung menghadap ke sawah. Tak ada pemungutan karcis, semua bisa masuk gratis seharian.

Pemandian Air Soda TarutungPemandian Air Soda Tarutung Foto: (Bonauli/detikcom)

Pemandian ini dibuat bagai kolam renang, kedalamannya sampai 1,6 meter di bagian tengah kolam. Di pinggiran kolam buih-buih air muncul dari kedalaman. Inilah mata air soda.

Saat menceburkan diri, wisatawan harus hati-hati karena ada banyak batu besar untuk pijakan. detikTravel mencoba untuk masuk ke kolam ini, benar saja rasanya badan seperti dicubit-cubit kecil karena soda.

Buih-buih soda yang sering kita lihat di dalam botol soda bisa kita lihat langsung di kulit. Oh iya, pemandian ini tidak dingin tapi hangat. Jadi waktu terbaik untuk berendam di sini adalah pagi hari dan sore hari.

Pemandian Air Soda TarutungPemandian Air Soda Tarutung Foto: (Bonauli/detikcom)

Udara Tarutung yang dingin membuat siapa pun yang berendam akan betah berlama-lama di air soda. Tapi begitu keluar dari kolam ini, kamu dipastikan menggigil. Oiya, air soda ini juga membuat kulit jadi sangat halus, lho!

Karena penasaran dengan rasanya, saya mencobanya. Iya, air ini benar-benar rasa soda. Hanya saja tak ada rasa manis seperti yang air soda kalengan.

Semakin sore pemandian akan semakin ramai. Namanya juga pemandian umum, semuanya jadi satu di sini. Untuk itu, wisatawan jangan sampai salah kostum alias saltum.

Pemandian Air Soda TarutungPemandian Air Soda Tarutung Foto: (Bonauli/detikcom)

Memang sih, tak ada larangan untuk memakai baju renang. Karena ini masih desa dan banyak warga sekitar yang mandi, usahakan untuk memakai pakaian renang tertutup. Akan lebih baik kalau memakai baju berwarna gelap.

Ada beberapa larangan yang harus ditaati ketika berada di dalam kolam yaitu, dilarang mandi telanjang, bicara kotor, melompat dan menggunakan sampo. Kalau sabun masih diperbolehkan kok.

Sejarahnya, air soda ini ditemukan pada tahun 1973 oleh Minart Sihite. Kini pemandian air soda jadi kebanggaan Indonesia. Karena ternyata hanya ada dua mata air soda di dunia, Tarutung dan Venezuela.



Simak Video "Kolam Pemandian Air Soda Pabubu Tarutung"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA