Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 05 Jul 2021 11:47 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ini 12 Destinasi Wisata Populer di Belitung

Putu Intan
detikTravel
Wisata Belitung
Foto: dok. AntaVaya

6. Pantai Tanjung Kelayang

Wisata island hopping atau menyusuri pulau kecil juga ada di Belitung. Destinasi pertama adalah Pantai Tanjung Kelayang.

Surga di Semenanjung Belitung ini sangat indah dengan paduan pasir putih, air laut berwarna kehijauan yang jernih, serta deretan batu granit raksasa.

7. Pulau Pasir

Wisata BelitungPulau Pasir. Foto: dok. AntaVaya

Tak hanya Pantai Tanjung Kelayang, perjalanan island hopping di Bangka Belitung dapat dilanjutkan dengan naik kapal tradisional menuju Pulau Pasir. Pulau ini hanya muncul saat air laut surut, lho.

Sebenarnya Pulau Pasir tak bisa disebut pulau karena ukurannya sangatlah kecil, yaitu seluas lapangan bola. Destinasi wisata Belitung ini merupakan tumpukan daratan yang terdiri atas pasir halus khas Belitung.

Spot ini sangat diminati saat island hopping karena pemandangan indah yang disajikannya. Di sini kamu pun bisa bertemu dengan bintang laut yang lucu. Eits, tapi jangan dipegang ya, cukup dilihat saja.

8. Pulau Batu Berlayar

Wisata BelitungPulau Batu Berlayar. Foto: dok. AntaVaya

Selanjutnya adalah Pulau Batu Berlayar. Pulau ini masih berada di sekitar Pantai Tanjung Kelayang. Dari kejauhan, pulau ini terlihat seperti gundukan pasir yang dipenuhi batu granit.

Pulau Batu Berlayar juga memiliki biota laut yang cantik.

9. Pulau Kepayang atau Pulau Babi

Lanjut ke Pulau Kepayang yang jaraknya sekitar 15 menit dari Pantai Tanjung Kelayang. Pulau ini memiliki luas sekitar 12 hektare. Pulau terbesar di antara belasan pulau kecil di utara Belitung ini juga dijuluki Pulau Babi.

Pulau Kepayang menyajikan panorama laut yang jernih, pasir putih lembut, serta hamparan bebatuan granit besar. Dari pulau ini, kamu bisa melihat mercusuar Pulau Lengkuas dengan jelas. Pengunjung pun bisa snorkeling untuk melihat terumbu karang dan ikan cantik.

10. Pulau Lengkuas

Pulau ini identik dengan mercusuarnya, yakni Pulau Lengkuas. Mercusuar di Pulau Lengkuas sudah berdiri sejak tahun 1882, lho. Jadi, tak heran jika tempat ini sarat akan sejarah.

Mercusuar setinggi 60 meter ini dibangunan di era kolonial Belanda. Sayangnya, pengunjung tidak boleh naik ke atas sejak tahun 2017.

Pesona Pulau Lengkuas tak hanya mercusuarnya saja, tapi pemandangannya yang indah. Biota lautnya juga cantik, jadi jangan lupa snorkeling saat ke sini.

11. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi yang menjadi lokasi syuting Laskar Pelangi. Pantai cantik di Belitung ini diapit oleh dua semenanjung, yaitu Tanjung Kelayang dan Tanjung Pendam.

Pantai ini identik dengan batu granit besar di sekelilingnya. Air laut jernih berwarna biru muda, pasir putih bertekstur lembut, dan ombak yang tenang dijamin bikin kamu betah.

12. Danau Biru atau Danau Kaolin

Wisata BelitungDanau Kaolin. Foto: dok. AntaVaya

Destinasi terakhir adalah Danau Biru atau Danau Kaolin. Dijuluki Danau Biru karena keindahan airnya yang berwarna biru turquoise.

Uniknya, daratan di sekitarnya berwarna putih sehingga menghasilkan pemandangan luar biasa. Danau Kaolin merupakan bekas area pertambangan kaolin. Kaolin sendiri adalah jenis mineral yang sering dipakai dalam industri kosmetik, kertas, hingga makanan.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Panorama Indah Pulau Lengkuas Belitung"
[Gambas:Video 20detik]

(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA