Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 05 Jul 2021 16:52 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ini 9 Destinasi Wisata Terfavorit di Sumba

Putu Intan
detikTravel
Wisata Sumba
Foto: dok. AntaVaya
Jakarta -

Nusa Tenggara Timur memiliki Sumba yang pesona alam dan budayanya tak lagi diragukan. Di sana terdapat berbagai pantai dan desa wisata yang kerap didatangi wisatawan.

Menjelajahi Sumba dapat dilakukan dengan lebih nyaman bersama agen wisata, salah satunya AntaVaya. Berikut ini 9 destinasi wisata Sumba terfavorit yang dapat dijelajahi selama 4 hari dalam paket wisata 4D Sumba Dream Cather Tour.

1. Belajar Kebudayaan di Rumah Budaya Sumba

Sumba tak hanya memiliki wisata alam yang memesona, tapi juga wisata budaya yang kaya. Salah satunya Rumah Budaya Sumba. Tempat wisata Sumba ini merupakan kunci dari hampir semua sejarah yang ada di Pulau Sumba.

Museum ini dibangun pada tahun 2011 dengan tujuan melestarikan dan memajukan budaya Sumba. Di sini kamu dapat belajar sejarah dan budaya Sumba secara menyenangkan.

Rumah ini dibangun dengan gaya asli Sumba yang dikelilingi oleh pahatan batu marapu. Isinya sendiri berupa berbagai koleksi kebudayaan Sumba, seperti peralatan rumah tangga, perhiasan, dan kain tenun berusia ratusan tahun.

Rumah Budaya Sumba juga mengoleksi benda-benda purba dan bersejarah seperti terompet tua, tembikar, parang, tombak, patung-patung kuno, bahkan gendang yang terbuat dari kulit manusia.

2. Melihat Matahari Terbenam di Pantai Kita

Destinasi selanjutnya adalah Pantai Kita untuk menyaksikan betapa indahnya sunset di tanah Sumba. Pantai ini masih asri dan memiliki pasir putih serta air laut yang jernih.

Selain melihat matahari terbenam, di Pantai Kita pengunjung dapat berenang dan memancing. Tak hanya itu, alam bawah lautnya juga terkenal indah dan eksotis.

3. Berenang dan Memandang Jernihnya Weekuri Lagoon

Wisata SumbaWeekuri Lagoon. Foto: dok. AntaVaya

Destinasi favorit lainnya adalah Weekuri Lagoon. Kolam renang alami ini luar biasanya indahnya. Warna airnya hijau kebiruan dan airnya tidak terlalu dalam sehingga sangat pas untuk berenang.

Menariknya, Danau Weekuri memiliki kandungan air asin dan payau. Kok bisa? Alasannya karena laguna ini terbentuk dari air laut yang berada di kisaran danau. Air tersebut masuk dari celah gugusan karang yang berada di sekitar danau.

Uniknya lagi, danau di Sumba ini juga memiliki beberapa titik mata air yang membuat gradasi warnanya cukup variatif. Bahkan airnya ada yang hangat dan dingin, lho. Wow, unik sekali bukan?

Selain berenang, kamu juga bisa memandang panorama keindahan Weekuri Lagoon dari atas bukit karang.

4. Menikmati Pemandangan Pantai Mandorak

Wisata SumbaPantai Mandorak. Foto: dok. AntaVaya

Pantai di Nusa Tenggara Timur ini wajib banget kamu kunjungi. Penampakannya sangat khas karena Pantai Mandorak diapit oleh dua tebing karang. Dilengkapi air laut berwarna hijau toska yang jernih dan pasir putih, membuatnya menjadi semacam surga tersembunyi di Sumba.

Tak hanya berpose atau bermain air di pantainya, kamu juga dapat naik ke atas tebing. Panorama dari atas tentunya akan menghadirkan suasana yang baru untukmu.

5. Melihat Kuburan Batu di Kampung Adat Ratenggaro

Budaya Sumba memang sangat kaya. Oleh karena itu, kita wajib mampir ke Kampung Adat Ratenggaro untuk melihat kuburan batu tua yang ada di sekitar area perkampungan.

Desa adat ini masih memegang teguh adat dan tradisi para leluhurnya. Terlihat dari bentuk rumah penduduk dengan menara setinggi 15 meter sebagai ciri khasnya. Atapnya pun masih terbuat dari jerami.

Uniknya lagi, Desa Adat Ratenggaro berdekatan dengan Pantai Ratenggaro. Jadi, kamu bisa melihat keindahan pantai dari desa.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pajura, Tradisi Adu Kekuatan Tertua Asal Sumba "
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA