Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 05 Jul 2021 22:07 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Air Terjun Cantik yang Tersembunyi di Hutan Mamasa

Abdy Febriady
detikTravel

Sampai Juga ke Air Terjun Sollokan

Akhirnya, setelah berjalan kaki lebih kurang 30 menit lamanya, kami akhirnya tiba di kawasan wisata alam air terjun Sollokan. Keindahannya, memang mampu menawar rasa lelah menuju tempat ini.

Sebelumnya Ronald mengingatkan saya, agar langsung membasuh wajah sesampainya di kawasan air terjun Sollokan. Menurut dia, itu adalah pesan para orang tua, yang selalu disampaikan dan dilakukan oleh siapa saja yang berkunjung ke tempat ini.

"Saya tidak tahu apa maknanya, yang pasti setiap orang berkunjung, harus langsung membasuh wajahnya dengan air mengalir di tempat ini," ungkap Ronald.

Dari tempat saya berdiri, air terjun Sollokan atau Sarambu Sollokan, terlihat terdiri atas tiga tingkatan. Ketinggiannya diperkirakan tidak kurang dari 75 meter.

Air terjun Sollokan mengalirkan air yang terasa sangat menyegarkan. Tiupan angin mampu menerbangkan bias-bias air hingga sejauh puluhan meter. Saking tingginya air terjun ini, dikabarkan saat kemarau melanda, air yang jatuh akan hilang ditiup angin, sebelum mencapai dasar.

Air terjun tersembunyi di MamasaAir terjun tersembunyi di Mamasa Foto: Abdy Febriady/detikTravel

Tidak heran, saat berada di tempat wisata alam ini, sekujur tubuh bisa basah kendati tidak bermain air.

"Biasanya setiap minggu ada pengunjung yang datang ke sini. Dari Mamasa dan Polewali. Kami suka mengantar mereka sampai ke sini," beber Igo.

Keindahan panorama alam kawasan wisata Sarambu Sollokan tampak sempurna, dengan keberadan pepohonan tinggi yang tumbuh subur. Membuat udara di tempat ini terasa sejuk khas pegunungan.

Ada pula bebatuan besar, membuat pemdamangan di tempat ini terlihat lebih eksotis. Bisa menjadi tempat bersawa foto, sembari bersantai menikmati keindahan air terjun Sollokan.

Dijamin, keindahan panorama alam yang tersembunyi di tengah kawasan hutan perawan ini, mampu membuat pengunjung betah berlama-lama, sembari merelaksasi diri dari penatnya rutinitas kerja.

Sayang, kendati memiliki segudang potensi yang dapat menarik minat pengunjung, keberadaan air terjun Sollokan ini, nampaknya belum mendapat perhatian pemerintah. Selain tidak didukung dengan akses jalan yang memadai, di kawasan wisata alam ini juga terlihat sarana pendukung untuk menunjang kenyamanan pengunjung.

Mungkin itu pula sebabnya, pemerintah setempat belum megenakan tarif bagi siapa saja yang ingin berkunjung, untuk menikmati keindahan panorama alam air terjun Sollokan di Mamasa.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA