Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 06 Jul 2021 18:05 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Kisah Nyi Roro Kidul yang Konon Berdarah Batak

bonauli
detikTravel
Sianjur Mulamula
Sibirobiding Laut dan saudarinya (Bonauli/detikcom)

Hati Siborubiding Laut sedih. Karena kerinduan dengan abangnya, Siborubiding Laut memutuskan untuk pergi dari rumah dan mencarinya.

"Dari Sianjur Mulamula, namboru (panggilan hormat kepada perempuan yang dituakan-red) Siborubiding Laut berjalan ke arah barat," ceritanya.

Pencarian terus dilakukan, namun tak juga mendapatkan hasil. Siborubiding Laut tak putus asa dan melanjutkan pencarian lewat laut.

"Zaman dulu belom ada perahu, karena namboru itu sakti, dia bisa menyebrangi laut," lanjut Sagala.

Siborubiding Laut tak juga bertemu dengan saudaranya. Diceritakan ada badai besar yang terjadi dan membuatnya sampai di Pulau Jawa.

Versi lain yang tak kalah populer di masyarakat batak adalah Siborubiding Laut yang melakukan pencarian sampai ke Pulau Mursala. Pulau ini berada dekat Kota Sibolga dan terkenal karena menjadi lokasi syuting Film King Kong.

Konon Siborubiding Laut bertemu dengan nelayan. Nelayan ini membantu Siborubiding laut dengan menggunakan perahu bambu seadanya.

Sianjur MulamulaPatung Siborubiding Laut mengenakan baju putih dan seakan melaompat ke laut Foto: (Bonauli/detikcom)

Dalam pencariannya, mereka berperang dengan banyak penguasa lautan. Karena sakti, Siborubiding Laut selalu menang.

Akhirnya, Siborubiding Laut sampai di Tanah Jawa. Dirinya menetap di sana dan menjadi penguasa Pantai Selatan yang tersohor dengan sebutan Nyi Roro Kidul.

Perjalanan Siborubiding Laut masih punya banyak versi. Namun yang pasti, statusnya sebagai orang Batak diyakini bermarga Pasaribu.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA