Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 10 Sep 2021 15:05 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Trekking Jelajah Hutan sampai Menemukan Goa Misterius di Sentul

Putu Intan
detikTravel
Trekking Hutan Hujan Sentul
Trekking di Hutan Hujan Sentul. Foto: Grandyos Zafna/detikcom

Tak terasa, perjalanan sejauh 2,6 kilometer akhirnya menemukan tujuan akhirnya yakni Goa Garunggang. detikcom begitu takjub dengan bentuk goa yang tidak terduga sebelumnya.

Goa ini terdiri atas batu-batu sedimen dengan susunan yang rapi. Sekilas tampak seperti sebuah taman buatan padahal ini adalah bentukan alam.

Bentuknya juga mengingatkan detikcom pada situs Grand Canyon di Arizona, Amerika Serikat. Bedanya, batu-batu ini tak setinggi tebing Grand Canyon dan tampaknya belum dieksplorasi dengan maksimal.

Trekking Hutan Hujan SentulGoa Garunggang. Foto: Grandyos Zafna/detikcom

Saat ini ada 2 jalur goa yang berhasil ditemukan. Namun Didi mengatakan, baru ada satu jalur yang aman dimasuki wisatawan.

Jalur sepanjang 30 meter itu akan memperlihatkan aliran sungai bawah tanah. Untuk masuknya harus secara bergantian dengan terlebih dahulu menuruni tangga.

Ketika detikcom berada di sana, tampak pula sejumlah wisatawan yang datang untuk berfoto di area goa. Pemandangan yang cantik dan unik menjadi magnet wisatawan untuk mengabadikan momen di sana.

Sayangnya, belum ada informasi lengkap yang menjelaskan soal sejarah dan profil Goa Garunggang ini. Hal itu karena goa ini ditemukan warga dan belum ada penelitian lebih lanjut dari para ahli.

Trekking Hutan Hujan SentulGoa Garunggang. Foto: Grandyos Zafna/detikcom

Puas menjelajahi Goa Garunggang, detikcom kembali menuju pintu masuk Hutan Hujan Sentul. Perjalanan pulang ini terasa lebih sulit karena terdapat banyak tanjakan. Meskipun begitu, perjalanan pulang tetap menggembirakan karena kami melewati jalur yang berbeda dengan jalur saat datang.

Tips untuk traveler yang ingin trekking di Hutan Hujan Sentul, persiapkan pakaian dan sepatu yang nyaman untuk trekking di hutan. Jangan lupa untuk membawa air mineral dalam tumbler dan baju ganti karena pakaian traveler akan basah dengan keringat.

Untuk traveler yang tidak tahan dengan terik matahari, gunakan juga tabir surya. Alternatif lainnya, traveler dapat mengenakan jaket dan topi supaya terlindung dari panas matahari.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA