Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 20 Okt 2021 17:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Dinginnya Bogor Hilang dengan Hangatnya Pemandian Air Panas Ciparay

Luthfi Hafidz
detikTravel
Pemandian Air Panas Ciparay
Foto: (Luthfi Hafidz/detikcom)

Walaupun sedikit melelahkan, perjalanan menuju lokasi kolam pemandiannya, akan terasa lega saat sudah sampai karena ditemani pemandangan hijau khas pegunungan.

Lokasi air panas Ciparay berada di sisi sebelah kiri aliran Sungai Cikuluwung. Air sungainya mengalir deras jernih serta dingin diantara bebatuan vulkanik besar yang menjadikan pemandangan semakin indah dan terlihat natural.

Fasilitas di tempat pemandian air panas ini juga sudah cukup memadai. Pengunjungnya dapat menikmati aneka hidangan makanan berat yang dijual di sekitar pemandian. Selain itu, disediakan juga saung yang disewakan penduduk sekitar untuk para pengunjung yang ingin bersantai dan menikmati pemandangan alam.

Untuk menyewa saung terbuka dikenakan biaya sebesar Rp 30.000 sementara untuk saung tertutup biayanya menjadi Rp 50.000.

Pemandian Air Panas CiparayPemandian Air Panas Ciparay Foto: (Luthfi Hafidz/detikcom)

Cara ke sini:

Jika dari kota Bogor untuk ke lokasi pemandian air panas ini melalui jalan menuju ke arah timur menuju Jasinga. Letaknya sekitar 5 km dari kawasan Gunung Salak Endah. Akses jalannya bisa dengan transportasi umum maupun kendaraan pribadi, biarpun lebih mudah dengan kendaraan pribadi.

Jika naik angkutan umum akan berganti-ganti jurusan angkot yang menyebabkan perjalanan lebih lama. Jika ingin menggunakan transportasi umum, maka dari terminal Bogor naik angkot nomor 03 berwarna merah dan turun di terminal Bubulak.

Dari sini naik angkot jurusan Jasinga dan turun di pertigaan Cibatok, Ciampea. Perjalanan diteruskan dengan naik angkot lagi dengan jurusan Pamijahan (Gunung Salak Endah).

Dari kawasan Gunung Salak Endah untuk sampai di lokasi pemandian air panas dapat ditempuh dengan naik ojek. Harga tiket masuk gerbang Air Panas Ciparay Bogor adalah Rp 4.000 per orang. Bagi pengunjung yang membawa kendaraan roda dua dikenakan tiket sebesar Rp 10.000 dan untuk mobil sebesar Rp 30.000.

Waktu terbaik untuk datang ke sini adalah hari biasa dan pada saat pagi hari, karena suasana asrinya pegunungan akan lebih terasa. Traveler juga tetap harus mematuhi protokol kesehatan selama di tempat ini dan juga menjaga kebersihan area pemandian air panas.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Bakar Kalori Dengan Berenang di Kolam Penginapan Cisarua Bogor"
[Gambas:Video 20detik]

(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA