Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 01 Nov 2021 13:49 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Curug Barong Bogor yang Asri dan Cantik, Sepi Suasananya

Luthfi Hafidz
detikTravel
Curug Barong Bogor
Curug Barong Bogor (Foto: Luthfi Hafidz/detikcom)
Bogor -

Wisata alam jadi destinasi favorit kali ini. Salah satu objek wisata alam yang masih asri adalah Curug Barong yang berada di daerah Sentul, Bogor.

Letak Curug Barong cukup tersembunyi menjadi tantangan tersendiri bagi wisatawan yang ingin menikmati alam yang asri. Air terjun ini berada di area Gunung Pancar Sentul yang cukup terkenal dengan keberadaan air terjunnya.

Curug Barong berlokasi di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang ini bisa jadi pilihan alternatif untuk kamu yang ingin menikmati ketenangan. Pasalnya, lokasi curug ini cukup tersembunyi dan memiliki akses yang cukup sulit.

Meski begitu, traveler akan mendapati keindahan alam yang tiada duanya begitu sampai di Curug Barong. Alasan sepi tersebut yang dijadikan alasan utama oleh para traveler yang datang ke curug ini.

Di Curug Barong ini traveler bisa menikmati keindahan alam sekaligus segarnya aliran air dari Sungai Cirangrang. Dengan ketinggian hanya 10 meter, daya tarik utama dari Curug Barong adalah airnya yang segar dan jernih.

Selain itu, tempat ini juga memiliki bebatuan dengan kontur yang menarik. Rute yang harus di lalui oleh traveler jika ingin ke curug ini bisa terbilang cukup ekstrem dengan
jalanan yang menanjak dan menurun serta berkelok-kelok.

Traveler pertama harus bergerak melaju menuju daerah Sentul, Bogor. Setelah tiba di Sentul, lalu melanjutkan perjalanan menuju Mall Belanova. Dari sana, ambillah rute menuju gerbang The Jungleland.

Curug Barong BogorCurug Barong Bogor (Foto: Luthfi Hafidz/detikcom)

Perjalananmu akan berlanjut menuju daerah Sukamakmur lalu ikuti jalur setapak dan petunjuk arah yang akan membawamu ke curug. Setelah itu traveler akan sampai di area curug dan memakirkan kendaraan dan selanjutnya melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menyusuri perbukitan sekitar 20-30 menit.

Tapi jangan khawatir sepanjang jalan mata traveler akan dimanjakan dengan indahnya pepohonan yang berjejer sepanjang jalur yang akan membuat suasana alam semakin kental terasa. Sebelum sampai ke Curug Barong, kamu juga bisa menjumpai Curug Leuwi Hejo.

Jika mengingat jalur yang harus dilalui bisa terbilang ekstrem, maka traveler yang datang harus memastikan diri bahwa kondisi fisik sedang dalam kondisi yang prima. Jika tidak maka traveler akan merasakan kelelahan, dan sedikit tips untuk melatih fisik secara rutin dan berkala sebelum melakukan kegiatan outdoor atau semacamnya.

Untuk menikmati keindahan Curug Barong, kamu akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 10.000 per orang. Selain itu, kamu juga akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Curug Barong bisa kamu kunjungi setiap hari dari pukul 07.00-17.00 WIB. Tetapi untuk waktu yang dianjurkan adalah saat pagi hari karena akan mendapatkan cahaya yang sempurna untuk berfoto.

Jangan nyampah di Curug Barong ya!



Simak Video "Mencicipi Bakso Reog yang Lagi Viral di Bogor"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA