Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 11 Nov 2021 13:02 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Inilah Kota Terkecil Indonesia, Kamu Sudah Tahu?

bonauli
detikTravel
Kota Sibolga
Kota Sibolga (Bonauli/detikcom)
Sibolga -

Namanya mungkin jarang terdengar karena letaknya jauh dari Pulau Jawa. Jadi kota terkecil di Indonesia, inilah Sibolga.

Kota Sibolga berada di kawasan Teluk Tapian Nauli, Sumatera Utara. Menurut data Badan Pusat Statistik, Kota Sibolga memiliki luas 10,77 km persegi atau setara dengan 107.700 hektar. Luas ini lebih kecil dari Kota Mojokerto, yaitu 20,21 km persegi.

Julukan dari Sibolga adalah Kota Ikan. Sebenarnya ikan teri medan yang terkenal enak itu berasal dari perairan Sibolga. Karena berada di kawasan pesisir, kebanyakan masyarakatnya bekerja sebagai nelayan. Hasil laut Sibolga pun tak cuma ikan, tapi juga cumi hingga lobster.

Kawasan pesisir membuat Sibolga punya pemandangan dan alam yang indah. Bahkan Sibolga punya beberapa pulau kecil yang bikin Hollywod jatuh cinta.

Kota SibolgaKota Sibolga Foto: (Bonauli/detikcom)

Sebut saja Pulau Mursala, tempat syuting film King Kong. Tak hanya pantai yang eksotis, Pulau Mursala punya air terjun unik yang langsung mengalir langsung ke laut.

Air terjun itu setinggi 35 meter, mengalir melewati dinding karang yang berwarna hitam. Airnya mengalir langsung ke perairan dangkal berwarna hijau jernih. Di bawahnya terdapat terumbu karang warna-warni dengan ikan yang hilir mudik. Traveler bisa langsung snorkeling di sini!

Selain Pulau Mursala, Sibolga punya Pulau Poncan, Pulau Sarudik, Pulau Putri dan Pulau Panjang. Bisa dibilang 18.800 hektare dari Sibolga adalah kepulauan.

Pasir pantai putih, laut yang tenang dan indahnya langit menjadi suguhan dari pantai-pantai Sibolga. Tak usah diragukan, kamu yang menginjakkan kaki di sana pastilah dibuat jatuh cinta.

Liburan asyi bareng keluarga di Pulau Poncan, SibolgaPulau Poncan, Sibolga Foto: Rini Utami Pane/dTraveler

Karena letaknya di sebelah barat, fenomena sunset di barisan pantai Sibolga sangatlah memukau. Sebut saja di kawasan Mela. Menghadap ke laut, ada sebuah bukit dengan tulisan Sibolga Kota Ikan.

Bukit tersebut menjadi salah satu tempat nongkrong pemuda-pemudi. Di puncak bukit inilah terlihat sunset paling indah. Ada beberapa kedai makan dan kolam renang juga.

Sunset terbaik akan terlihat sekitar pukul setengah 6 WIB. Langit Sibolga berubah menjadi orange. Bias jingga memantul ke laut, cakrawala seakan berkaca di sana.

Ini mengapa Sibolga sangat cocok jadi tempat liburanmu selanjutnya. Bagaimana, menurutmu?



Simak Video "Asyiknya Jalan-jalan ke Jembatan Merah di Pantai Pangandaran"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA