Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 17 Nov 2021 15:46 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Asyiknya Gowes Naik Turun Bukit ke Danau Quarry Rumpin

Luthfi Hafidz
detikTravel
Danau Jayamix Quarry Rumpin Bogor menjadi salah satu destinasi yang dikunjungi para pesepeda. Lokasi ini menawarkan sensasi dan track yang lumayan ekstrem.
Foto: dok pribadi (Sudiyanto)
Bogor -

Traveler memiliki hobi bersepeda? Bosan dengan jalur yang hanya itu-itu saja? Traveler harus mencoba track yang satu ini, cukup menantang.

Tidak perlu khawatir, sesampainya di sana traveler langsung disambut dengan pemandangan danau yang sangat indah, cukup untuk menghilangkan rasa lelah setelah gowes lumayan.

Adalah Danau Jayamix Quarry Rumpin Bogor, salah satu destinasi wisata yang cocok untuk para pesepeda yang ingin merasakan sensasi dan track yang lumayan ekstrem.

Danau Quarry Rumpin merupakan danau yang tidak begitu luas. Danau ini berada di Desa Kampung Sawah. Danau yang berpotensi bahan material batu serta pasir ini terlihat sangat eksotis dan indah. Tidak heran jika danau unik ini menjadi terkenal di kalangan traveler.

Gowes ke Danau Quarry RumpinGowes ke Danau Quarry Rumpin (Luthfi Hafidz/detikcom)

Gowes menuju Danau Quarry yang terletak di Kampung Nunggaherang, Desa Tegallega, Kecamatan Cigudeg, Bogor, Jawa Barat sangat mengasyikan sekaligus menantang. Merupakan danau yang terbentuk dari hasil galian tambang PT. Jayamix sehingga banyak yang menyebut sebagai Danau Jayamix.

Tempat ini sudah cukup lama nge-hits sebagai tempat untuk diunggah di media sosial.

Dengan mengikuti rute Google Maps yang tercepat untuk menghabiskan sekitar 32 km via Parung Kahuripan dengan mode berjalan.

Depan pom bensin sebelum perumahan Parung Kahuripan, traveler diinstruksikan belok kiri oleh Google Maps, tidak lama kemudian sampailah di danau Parung Kahuripan, kemudian diperintahkan belok kanan.

Tetapi, tak jarang Google Maps justru menyarankan rute yang lumayan ekstrem jadi traveller akan melalui jalan yang melintasi sungai-sungai kecil dan harus berbasah-basahan namun tetap asyik.

Gowes ke Danau Quarry RumpinGowes ke Danau Quarry Rumpin (Luthfi Hafidz/detikcom)

Sebaiknya, jangan terlalu mengandalkan Google Maps, bertanyalah kepada penduduk sekitar, dan akhirnya sampai juga di dalam Parung Kahuripan.

Setelah melewati danau, tak lama kemudian sampai di depan Sekolah Madania. Sampailah di pertigaan Rumpin jika bingung bertanyalah kembali bertanya kepada pemuda-pemudi disana kemana arah danau Jayamix, kemudian diberitahu untuk belok kanan melewati Gunung Munara setelah itu belok kiri.

Jaraknya tidak bisa memperkirakan, tetapi berdasarkan keterangan mereka masih cukup jauh. Beberapa puluh menit kemudian sampai di papan nama Gunung Munara. Masih lurus terus melewati Polsek Rumpin kemudian sampai di pertigaan.

Setelah itu, bikers mengikuti untuk belok kiri. Jalan beton lambat laun berubah menjadi kubangan lumpur. Bahkan, sepeda bikers harus menggotong sepeda ke tepi jalan guna menghindari kubangan lumpur.

Di pertigaan bikers akan diarahkan untuk belok kiri. Kubangan lumpurnya sudah tidak terlihat digantikan jalan berbatu. Lalu biker akan bertemu dengan pertigaan lagi, dan bikers hanya tinggal mengambil jalan lurus terus saja.

Lalu, di depan sebuah pabrik terdapat pertigaan maka bikers harus berbelok ke kanan dan pada pertigaan tersebut bikers akan menemukan sebuah warung untuk beristirahat apabila biker kelelahan.

Gowes ke Danau Quarry RumpinGowes ke Danau Quarry Rumpin (Luthfi Hafidz/detikcom)

Tak lama kemudian bikers akan menemukan Danau Quarry, dan akan melewati pos satpam dan setelah itu langsung tiba di warung pinggir danau.

Bikers bisa duduk-duduk di warung sambil pesan mi instan telor. Biasanya, minggu jika tidak hujan tempat ini akan ramai.

Mengenai papan petunjuk sebenarnya pernah diberikan di setiap pertigaan, tetapi papannya dicabut oleh oknum-oknum yang tidak menghendaki danau ini menjadi ramai.

Sangat disayangkan memang jika ini benar adanya, padahal dengan adanya Danau Quarry bisa meningkatkan pendapatan penduduk lokal di sekitar danau. Bahkan penduduk yang dilalui akses jalannya oleh wisatawan lokal pun bisa terangkat perekonomiannya. Dijamin, capeknya mendadak langsung hilang.

Melihat Danau Quarry dari atas akan membuat bikers serasa seperti bukan berada di Bogor. Ketika traveler datang jangan lupa agar tetap mematuhi larangan-larangan yang ada dan jangan berbuat hal yang berbau negatif dan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada.



Simak Video "Siap-siap, Ada Wahana Baru Buat Adrenaline Junkie di Bogor!"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA