Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 19 Nov 2021 23:04 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Solo, Yogya dan Bali Jadi Pilot Project Wisata Kebugaran

Kemenparekraf mendorong pengembangan wisata kesehatan (wellness tourism) di Indonesia. Rencananya akan diterapkan d sejumlah daerah, seperti Jakarta, Medan, dan Bali.
Foto: dok. Kemenparekraf

Seperti diketahui, wellness tourism adalah wisata minat khusus yang bertujuan untuk menjaga kebugaran tubuh wisatawan. Di Indonesia, pengembangan pariwisata di sektor kesehatan sebenarnya telah diinisiasi sejak 2012. Harapannya, dapat mewujudkan Indonesia sebagai destinasi Pariwisata Kesehatan Dunia.

"Isu wisata kesehatan menjadi hal yang sangat menjanjikan, pada 2017 diperkirakan bahwa wisata kesehatan global senilai 639 miliar dolar AS. Dan diperkirakan akan meningkat menjadi 919 miliar dolar AS pada tahun 2022, dan diperkirakan akan menembus angka 1.672 miliar dolar AS di tahun 2030," ujarnya.

Wamenparekraf Angela juga menjelaskan, saat pandemi sudah terlihat peningkatan pencarian di internet dengan topik "wellness destination". Di Indonesia sendiri pada tahun 2017, menurut riset dari Global Wellness Tourism Economy, berada di peringkat ke-17 sebagai destinasi wisata kebugaran. Segmen ini bahkan tercatat mampu menyerap angkatan kerja sebanyak 1,31 juta orang.

"Walaupun menduduki peringkat ke-17, kita tidak boleh berkecil hati, justru ini kita jadikan peluang karena artinya masih ada kesempatan yang sangat besar bagi Indonesia untuk meningkatkan potensi wisata kebugaran secara global dan potensi pertumbuhannya di masa mendatang, terlebih kita memiliki kekayaan alam, budaya, dan tradisi yang menjadi aset penting bagi wisata kebugaran, seperti produk herbal, jamu, aromaterapi, meditasi, retret, makanan sehat, geotermal, dan masih banyak lagi," katanya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Harapan Gibran untuk detikJateng: Semoga Menyerap Aspirasi Masyarakat"
[Gambas:Video 20detik]

(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA