Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 01 Des 2021 08:12 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Melihat Langsung Kelincahan Lumba-lumba di Pantai Lovina

Putu Intan
detikTravel
Lumba-lumba di Pantai Lovina
Lumba-lumba di Lovina. Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom

FOKUS BERITA

Pesona Bali Utara
Singaraja -

Tak ada yang lebih menyenangkan selain dapat melihat satwa langsung di habitatnya. Ini pengalaman detikcom menyaksikan lumba-lumba berenang di Laut Lovina.

Perjalanan detikcom melihat lumba-lumba pada Oktober lalu, dimulai ketika sang surya masih terlelap di peraduan. Hari masih gelap namun tim detikcom dalam Ekspedisi 3.000 Kilometer bersama Wuling harus bergegas pergi ke Pantai Lovina.

Kami harus sampai sebelum fajar menyingsing karena lumba-lumba di Pantai Lovina hanya muncul di pagi hari. Sesampainya di Pantai Lovina sekitar pukul 06.00 WITA, kami segera naik ke kapal yang sebelumnya telah kami sewa.

Perjalanan dari bibir pantai menuju laut kira-kira ditempuh dalam waktu 20 menit. Selama di perjalanan, traveler dijamin tak akan bosan karena pemandangan di Lovina begitu cantik.

Lumba-lumba di Pantai LovinaPerjalanan menuju kawasan lumba-lumba di Pantai Lovina. Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom

Traveler dapat melihat matahari terbit serta lautan yang luas. Ombak yang tenang juga membuat perjalanan dengan kapal itu menjadi santai.

Sesampainya di lokasi lumba-lumba, kapal kami langsung disambut loncatan-loncatan kecil dari kawanan lumba-lumba hidung botol. Perasaan bahagia seketika menyeruak karena ini merupakan kali pertama melihat lumba-lumba sedekat ini di alam bebas.

Kawanan lumba-lumba itu begitu gesit berenang ke sana ke mari. Pergerakan mereka kemudian diikuti sejumlah kapal lainnya.

Suasana yang tadinya sepi mendadak riuh dengan kekaguman wisatawan pada lumba-lumba. Banyak yang mengangkat kamera dan ponselnya untuk mengabadikan momen itu.

Sayangnya, kami kurang beruntung karena saat itu para lumba-lumba ini tidak melompat tinggi layaknya di foto-foto yang beredar di internet. Tak masalah, namanya juga lumba-lumba di alam, wisatawan harus puas dengan melihat tingkah bebas mereka.

Lumba-lumba di Pantai LovinaLumba-lumba di Pantai Lovina. Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom

Setelah puas melihat lumba-lumba, kapal kami kembali menuju pantai. Dalam perjalanan pulang, kami disuguhi pemandangan terumbu karang yang terlihat dari atas kapal.

Selain itu kami juga dapat menyaksikan ikan-ikan kecil berenang di sekitar terumbu karang tersebut. Rasanya begitu nyaman dapat melihat mahkluk hidup lain hidup dalam harmoni seperti ini.

Untuk menikmati tur melihat lumba-lumba di Pantai Lovina, traveler dikenakan tarif Rp 100 ribu per orang. Trip ini dilakukan sehari dua kali di pagi hari, yakni pukul 06.00 WITA dan 08.00 WITA.



Simak Video "Viral Penampakan 7 Lumba-lumba Terkulai di Atas Dek Kapal Nelayan Pacitan"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)

FOKUS BERITA

Pesona Bali Utara
BERITA TERKAIT
BACA JUGA