Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 02 Des 2021 17:04 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Surganya Arak Bali di Desa Les, Bisa Lihat Cara Pembuatannya

Putu Intan
detikTravel
Arak Bali di Desa Les
Pembuatan arak Bali di Desa Bali. Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom

FOKUS BERITA

Pesona Bali Utara
Buleleng -

Pecinta arak Bali wajib nih datang ke Desa Les di Bali. Selain bisa menikmati arak, kamu juga bisa lihat proses pembuatannya. Terapi menggunakan Arak Bali sempat disebut Gubernur Bali bisa membantu pasien COVID-19 tanpa gejala (OTG).

Arak Bali merupakan salah satu magnet bagi wisatawan yang berlibur ke Bali. Rasanya belum lengkap bila melancong ke Bali tanpa mencicipi minuman beralkohol tersebut.

Nah, di Bali ada sejumlah desa yang memproduksi arak secara tradisional. Salah satunya adalah Desa Les yang terletak di Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng.

detikcom dalam Ekspedisi 3.000 Kilometer bersama Wuling sempat singgah di desa ini. Bersama Jero Mangku Dalem Suci Gede Yudiawan atau akrab disapa Chef Yudi, kami diajak melihat langsung pembuatan arak Bali.

Chef Yudi adalah pemilik restoran Dapoer Bali Moela yang juga memproduksi arak Bali. Ia menjelaskan ada tiga jenis arak di mana pembedanya ada pada bahan yang digunakan. Ada arak yang terbuat dari tuak kelapa, tuak enau, dan dari buah lontar atau siwalan.

"Di sini, di Dapoer Bali Moela kami membuat arak dari lontar. Air lontar disadap lalu difermentasikan selama 1x24 jam. Kemudian dilakukan destilasi hingga jadilah arak. Kadar alkoholnya antara 5-10 persen," kata dia.

Arak Bali di Desa LesArak Bali di Desa Les. Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom

Arak Bali di Dapoer Bali Moela ini juga beraneka rasa. Ada yang original, kelor, mangga dan nangka.

Untuk harganya bervariasi, tergantung pada jenis dan kadar alkoholnya. Kisaran harganya adalah Rp 25 ribu-Rp 135 ribu per botol.

Selain terkenal dengan arak Bali-nya, Desa Les juga memiliki atraksi wisata lainnya. Chef Yudi menjelaskan, bahwa destinasi di sana lengkap mulai dari gunung hingga laut.

"Ada air terjun, ada jalur trekking yang bagus, kalau laut ada spot snorkeling dan diving karena ada terumbu karang," ujarnya.

Selanjutnya: destinasi wisata lain di Desa Les

Selanjutnya
Halaman
1 2

FOKUS BERITA

Pesona Bali Utara
BERITA TERKAIT
BACA JUGA