Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 04 Jan 2022 20:02 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Museum Sejarah Jakarta, Panggil Pemandu Hanya dalam 3 Menit

Tiara Rosana
detikTravel
Tengok Lagi Sejarah Jakarta di Museum Sejarah Jakarta
Foto: Museum Sejarah Jakarta (Tiara Rosana/detikcom)
Jakarta -

Siapa yang tidak tahu Museum Sejarah Jakarta? Museum yang kerap disebut Museum Fatahillah ini merupakan salah satu museum kesejarahan paling terkenal di Indonesia.

Beralamat di Jalan Taman Fatahillah No. 1, Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat, bangunan ini merupakan Balai Kota pada zaman pemerintahan Batavia kala itu.

Bangunan ini dahulu digunakan sebagai kantor catatan sipil, ruang pengadilan, tempat beribadah Minggu, dan penjara di ruangan bawah tanahnya. Tidak hanya fungsi bangunan yang beragam, museum ini juga menyimpan puluhan ribu koleksi perabotan dan hiasan yang digunakan pada zaman pra sejarah hingga zaman VOC menduduki Indonesia.

Tengok Lagi Sejarah Jakarta di Museum Sejarah JakartaTengok Lagi Sejarah Jakarta di Museum Sejarah Jakarta Foto: (Tiara Rosana/detikcom)

Menjadi bukti nyata sejarah Jakarta di masa lampau, museum ini tentunya memiliki segudang cerita untuk dipelajari para wisatawan. Di setiap koleksi sudah tertulis jelas sejarah yang dimilikinya, namun terkadang pengunjung merasa lebih senang jika dijelaskan daripada harus membaca. Di saat itulah pengunjung bisa meminta bantuan para guide untuk memandu wisatanya.

Dikatakan oleh Amat Kusaini Al Alexs, Koordinator Pemandu Wisata UP Museum Kesejarahan Jakarta, Museum Sejarah Jakarta memiliki tingkat fleksibiltas tinggi terhadap pengunjung. Ia menuturkan bahwa museum ini memiliki 10 pemandu dan ratusan pemandu magang yang siap melayani pengunjung selama berwisata.

"Museum Sejarah Jakarta ini jadi museum yang punya fleksibilitas paling tinggi terhadap pengunjung. Jumlah pemandu di sini ada 10 orang dan banyak siswa PKL serta mahasiswa magang, yang sedang PKL saja ada 200 orang, dibagi per shift. Mereka siap memandu pengunjung kapan saja. Jadi silakan meminta pemandu kepada kami, pasti akan langsung kami layani," terang Alex.

"Kalau memang di tempat pemandu sedang bertugas semua, pasti kami akan carikan. Silakan minta saja, tidak sampai 3 menit, pasti kami layani," tambahnya.

Selanjutnya, alur wisatawan yang mau dipandu

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
dMentor
×
Debitur Nakal, Hati-Hati!
Debitur Nakal, Hati-Hati! Selengkapnya