Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 09 Jan 2022 19:56 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Kebun Porang di Sukabumi Jadi Sentra Ekonomi, Wisata dan Lumbung Ilmu

Syahdan Alamsyah
detikTravel
Lahan porang bekas persemaian sawit milik PTPN VIII di kaki Gunung Salak, Desa Ubrug, Kabupaten Sukabumi, kini diubah menjadi Agro Wisata bernuansa pedesaan. Yuk lihat.
Foto: Syahdan Alamsyah

Untuk menikmati suasana Saung Porang, Dindin menyebut tidak memberikan tarif masuk khusus. Dengan uang Rp 2 ribu yang dikeluarkan, pengunjung mendapatkan cemilan yang diberikan pengelola.

"Di sini ada kolam pembesaran ikan, ada kulah gupak, cuma Rp 3 ribu gupak sepuasnya tidak punya uang silahkan gratis. Ada juga Flying Fox hanya Rp 5 ribu dan dewasa Rp 10 ribu. Untuk nasi liwet dan nasi bakar libatkan juga ibu-ibu di lokasi ini kan secara ekonomi juga terangkat,'" kata dia.

Untuk lokasi Saung Porang Dindin mengaku masih dalam tahap komunikasi dengan pemilik lahan yakni PTPN VIII, Dindin menyebut pihaknya sudah mendapat rekomendasi lahan seluas 3 hektar untuk pemanfaatan di area tersebut.

"Alhamdulillah kalau dari Pak Bupati Sukabumi sudah memberikan rekomendasi lahan seluas 3 hektar untuk dimanfaatkan kelompok tani dan masyarakat nantinya 1 hektar wisata, 1 hektar untuk budidaya porang atau pertanian yang lain dan 1 hektar lagi perikanan. Harapan ke depan kita sudah menyelesaikan sebagaimana yang dianjurkan PTPN VIII, kita sejauh ini sudah berjuang sampai mendapat rekom dari bupati, meskipun skala kecil banyak perputaran secara ekonomi dirasakan masyarakat sini secara langsung," pungkasnya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Lahan Sawit Disulap Jadi Agrowisata dan Edukasi"
[Gambas:Video 20detik]

(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA