Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 10 Jan 2022 11:02 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Turis dari Negara Ini Paling Royal Saat Belanja di Sembalun

bonauli
detikTravel
Tenun Sembalun
Kain Tenun Sembalun (Bonauli/detikcom)
Lombok Timur -

Tenun Sembalun mampu membuat turis mancanegara jatuh hati. Ada turis dari sebuah negara yang terkenal royal saat belanja tenun di Sembalun.

detikTravel bersama Toyota Corolla Cross Hybrid Road Trip Explore Mandalika melakukan perjalanan ke Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, NTB baru-baru ini.

Main ke Sembalun rasanya kurang lengkap tanpa buah tangan berupa kain tenun. Salah satu tempat untuk mencarinya adalah komunitas Kerajinan Tenun Lebak Lauk.

Di sana, para pengrajin tenun menjual kain dengan berbagai ukuran dan harga. Untuk kain sepanjang dua meter, harganya berkisar antara Rp 250-400 ribuan.

Di tengah pandemi ini, para pengrajin pun mengeluh karena ikut terdampak. Apalagi, pasar Sembalun memang turis mancanegara.

"Pendapatan turun sampai 95 persen," ucap Weny, pengrajin tenun Sembalun.

Tenun SembalunTenun Sembalun Foto: (Bonauli/detikcom)

Untungnya, para pengrajin mulai menggunakan penjualan sistem online. Sehingga para pengrajin tetap bisa berjualan tenun.

"Peminatnya Singapura dan Australia, tapi yang paling royal Singapura. Enggak ada duanya," ujar Weny.

Weny mengaku, bahwa turis dari Singapura jarang itung-itungan. Mereka rela mengeluarkan kocek banyak demi kualitas tenun. "Eropa justru jarang (beli), tapi ada saja," ungkapnya.

Weny meluaskan usahanya dengan membuat homestay. Dia bercerita bahwa ada dua turis dari Australia yang menginap di tempatnya selama 3 bulan. "Selama di sini, dia kami bawa ke pesta dan kami ajarkan bahasa Sasak," tuturnya.

Setelah pulang ke Australia, turis ini mencoba untuk berbicara bahasa Sasak kepada teman-teman Indonesianya. "Dikira bahasa Sasak itu bahasa Indonesia, ternyata sampai sana enggak ada yang ngerti," cerita Weny sambil terkekeh.

Karena begitu membekas, turis ini pun jatuh cinta dengan Sembalun. Tiap tahun dia datang untuk liburan di sana.

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Berjoget Ria Bersama Warga di Air Terjun Mangku Sakti Sembalun Lombok Timur"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA