Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 27 Jan 2022 16:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Sambut Imlek, Sukabumi Punya Wisata Tematik Baru: Odeon Kampoeng Naga!

Siti Fatimah
detikTravel
Destinasi wisata baru di Sukabumi
Foto: Odeon Kampoeng Naga Sukabumi (Siti Fatimah/detikTravel)
Sukabumi -

Untuk menyambut Imlek, Kota Sukabumi bakal punya destinasi wisata baru bernama Odeon Kampoeng Naga. Ada vihara berusia lebih dari 100 tahun lho!

Kawasan wisata di wilayah Kota Sukabumi memang terbilang masih sedikit. Ikon wisata utama yang ada saat ini baru kawasan terintegrasi Alun-alun dan Lapang Merdeka.

Kabar baik, pemerintah daerah Sukabumi bekerja sama dengan masyarakat akan membangun kawasan wisata kampung tematik dengan nama Odeon Kampoeng Naga. Kawasan tersebut akan disulap menjadi destinasi wisata baru bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Sukabumi.

Salah satu perwakilan pengurus, Ariefin Natawijaya mengatakan, rencana pembentukan Odeon Kampoeng Naga sebtulnya sudah ada sejak tahun 2021 lalu. Pihaknya sudah mengantongi enam Surat Keputusan (SK) dari pihak Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Sukabumi.

"Baru awal Januari kita baru bisa menentukan langkah melakukan peresmian-peresmian, nah pelaksanaannya tanggal 29 ini kita menyandingkan dengan Hari Raya Imlek karena itu kan tiga hari sebelum Hari Raya Imlek," kata Arief saat ditemui detikcom beberapa saat lalu.

Destinasi wisata baru di SukabumiDestinasi wisata baru di Sukabumi Foto: Siti Fatimah/detikTravel

Odeon Kampoeng Naga, kata dia, nantinya akan dihias dengan lampion-lampion permanen dengan ikon utama Vihara Widhi Sakti. Kawasan kumuh di sekitar vihara akan direnovasi dan dijadikan sebagai tempat-tempat UMKM baik itu edukasi, kuliner, budaya dan kesenian.

Untuk edukasi, akan diisi dengan sejarah Vihara Widhi Sakti yang berdiri lebih dari satu abad. Sedangkan kesenian yang akan digunakan adalah wayang yang diadakan setiap satu tahun sekali dan kuliner akan dihadirkan dari UMKM warga Odeon.

Ariefin mengatakan, selain menghidupkan kawasan wisata di Kota Sukabumi, Odeon Kampoeng Naga juga hadir untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Kalau untuk tujuan jangka panjangnya kita mengharapkan nanti bisa tertata menjadi lebih baik. Harapannya semoga bisa betah dan merasa nyaman sehingga pada akhirnya (perekonomian) warga-warga di Odeon ini bisa meningkat. Nanti kita akan mencoba untuk mempreservasi bangunan-bangunan tua yang bisa kita tonjolkan ke para wisatawan," paparnya.

Destinasi wisata baru di SukabumiDestinasi wisata baru di Sukabumi Foto: Siti Fatimah/detikTravel

Saat peresmian nanti akan ada kurang lebih 30 UMKM yang hadir dan sekaligus memeriahkan Hari Raya Imlek dengan total kurang lebih 36 stand. Selain itu akan ada hiburan kesenian angklung, sukuraga dan lain-lain.

"Untuk acara bazzar nanti kita sudah bekerja sama untuk menampilkan hiburan seperti Sukuraga, Angklung, jadi kita meraih yang lokal juga, yang pasti bisa membawa kebaikan bagi warga Odeon," tuturnya.

Ke depan, kata dia, Pemerintah Kota Sukabumi juga berencana membangun pedestrian lebih luas sehingga dari pusat kota ke Odeon Kampoeng Naga dapat diakses dengan berjalan kaki.

"Kita saat ini belum terbayang seperti apa, hanya gambarannya seperti yang ada di Braga Bandung, Malioboro kalau di Jogja, seperti itu," pungkasnya.



Simak Video "Kawasan Curug Sodong di Sukabumi Resmi Beroperasi"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA