Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 11 Feb 2022 22:41 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Akhir Pekan Berkemah di Mulut Gua Dikelilingi 27 Air Terjun Batu Tilam

Di Riau ada tempat wisata bernama Batu Tilam. Di sini anda dapat berkemah di mulut gua dengan dikelilingi 27 air terjun.
Foto: Raja Adil Siregar
Kampar -

Di Riau ada tempat wisata 'Batu Tilam' di tengah hutan dengan bebatuan dan air terjunnya yang alami.

Lokasi Batu Tilam

Karena masih alami, untuk sampai ke Batu Tilam, wisatawan membutuhkan persiapan matang. Sebab lokasinya berjarak 170 KM dari ibu Kota Provinsi Riau, Pekanbaru yakni di Kampar Kiri, Kampar.

Untuk bisa ke lokasi, harus menggunakan sepeda motor. Bisa juga dengan mobil, namun harus dengan mobil yang memiliki penggerak 4 roda atau four wheel drive dengan dilengkapi penarik beban.

Setiba di lokasi, rasa lelah dan perjalanan panjang akan terbayarkan. Udara segar terasa menusuk hidung diiringi kicauan burung dari ranting pohon-pohon di hutan yang masih asri tersebut.

Di Riau ada tempat wisata bernama 'Batu Tilam'. Di sini anda dapat berkemah di mulut gua dengan dikelilingi 27 air terjun.Di Riau ada tempat wisata bernama 'Batu Tilam'. Di sini anda dapat berkemah di mulut gua dengan dikelilingi 27 air terjun. Foto: Raja Adil Siregar

Letaknya yang berada di hamparan hutan Bukit Barisan dan Suaka Margasatwa Rimbang Baling menjadikan udara di Batu Tilam sejuk. Belum lagi suara derasnya 27 air terjun yang ada di sekitar perkemahan yang menjadi spot utama wisatawan.

Spot utama Batu Tilam yang ada di mulut gua menambah sensasi tersendiri bagi pecinta alam bebas. Tapi tenang, warga dan kelompok pemuda sekitar juga sudah membuat akses menuju mulut gua dengan tangga kayu.

Asal Usul Batu Tilam

Selain sensasi alam, wisatawan juga bisa dapat banyak pengetahuan di sini. Sebab lokasi mulut gua dahulunya adalah tempat berlindung para pejuang Indonesia dari serangan saat penjajahan Belanda tengah berlangsung.

"Katanya asal usul Batu Tilam ini karena di masa penjajahan Belanda dipakai pejuang kita untuk tidur. Batu inilah yang jadi alas, itulah kenapa disebut Batu Tilam," cerita seorang wisatawan, VJ Oki kepada detikTravel di lokasi, Jumat (11/2/2022).

Di kawasan wisata Batu Tilam sendiri ada 3 pondok peristirahatan. Pondok-pondok itu dibangun warga Desa Kebun Tinggi dan telah dilengkapi kamar mandi.

Di Riau ada tempat wisata bernama 'Batu Tilam'. Di sini anda dapat berkemah di mulut gua dengan dikelilingi 27 air terjun.Di Riau ada tempat wisata bernama 'Batu Tilam'. Di sini anda dapat berkemah di mulut gua dengan dikelilingi 27 air terjun. Foto: Raja Adil Siregar

Tarif Masuk Batu Tilam

Untuk mengelilingi 4 dari 27 air terjun yang bisa diakses, wisatawan hanya dikenakan tarif Rp 35 ribu/hari. Tarif itu masuk ke kas desa setempat untuk modal pengelolaan kebersihan dan sebagainya.

Spot wisata Batu Tilam sendiri telah berhasil meraih Juara 1 Anugerah Pesona Indonesia Ke V tahun 2020 lalu. Batu Tilam disebut surga tersembunyi di Bumi Lancang Kuning yang masih perlu terus digali potensinya.



Simak Video "Warga di Pekanbaru Cekcok Gegara Gangguan Suara Toa Masjid"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA