Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 21 Feb 2022 17:19 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Bagai Liburan di Pulau Pribadi, Ini Pantai Pulau Pane

bonauli
detikTravel
Pulau Pane di Tapanuli Tengah
Pulau Pane di Tapanuli Tengah (Bonauli/detikcom)
Tapanuli Tengah -

Tapanuli Tengah dianugerahi dengan deretan pantai yang memanjakan mata. Di antara banyaknya pantai, inilah yang Pulau Pane.

Pulau Pane berada di Desa Pananggahan, Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah. Warga sekitar menyebutnya pulau terpisah karena saat pasang, jalur lintas seakan tenggelam. Tapi saat surut, pasir pantai akan timbul dan membuat jalan ke arah pulau ini.

detikTravel mencoba untuk menyambangi pantai cantik ini. Sejak pagi, gelombang laut terlihat tenang dan sangat teduh. Bagaikan kaca, permukaan pasir masih dapat terlihat dari permukaan.

Pasir pantainya putih dan halus. Kalau diperhatikan lekat-lekat, ada kerlap-kerlip di pasirnya. Pasirnya bercampur dengan cangkang kerang yang sudah hancur.

Sejumlah pondok makan berjajar di pinggir pantai. Masyarakat sekitar mayoritas beragama islam, sehingga ternak seperti kambing dibiarkan di tepi pantai.

Pulau Pane di Tapanuli TengahPulau Pane di Tapanuli Tengah Foto: (Bonauli/detikcom)

Biasanya pantai akan ramai ketika akhir pekan. Anak-anak muda, keluarga dan pasangan akan berlibur ke sini.

Tak selalu main basah-basahan, seringkali mereka hanya foto-foto atau sekedar makan siang di pantai. Anginnya laut yang sejuk membuat mata cepat mengantuk.

Jika ingin menyeberang ke Pulau Pane, wisatawan tinggal jalan kaki saja. Gunakan alas kaki yang nyaman, karena Pane adalah pulau karang.

Pulau Pane di Tapanuli TengahPulau Pane di Tapanuli Tengah Foto: (Bonauli/detikcom)

Di sisi yang menghadap ke dalam pulau, pasir pantai masih bisa ditemukan. Mangrove pun tumbuh di tengah laut dan bisa dijadikan sebagai tempat foto.

Sayangnya, tak ada penjual makanan dan minuman di dalam Pulau Pane. Pulau ini dijadikan sebagai tempat berkebun oleh warga sekitar. Para pengkail ikan juga kerap ada di sekitar pulau.

Kamu yang mau liburan serasa pulau pribadi, datanglah sepagi mungkin ke sini. Pasir putih yang bersih dan laut yang biru siap memanjakanmu seharian, gratis!



Simak Video "Dua Tahun Buron, Otak Pembunuhan Pria di Deli Serdang Ditembak Polisi"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA