Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 26 Feb 2022 08:43 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Bukan Starbucks, Ini Warung Kopi dengan Cabang Terbanyak di Kalimantan

Aming Coffee
Foto: Aming Coffee (Wahyu Setyo Widodo/detikTravel)
Singkawang -

Ternyata Starbucks bukanlah kedai kopi dengan cabang paling banyak di Kalimantan, melainkan Aming Coffee, sebuah warung kopi lokal dari Pontianak.

Nama Aming Coffee mungkin masih belum familiar buat traveler. Tapi bagi warga Kalimantan, nama warung kopi ini sangat familiar karena cabangnya banyak dan ada dimana-mana, lebih banyak dibanding dengan Starbucks.

Setidaknya itulah yang detikTravel lihat di kota Singkawang. Di Singkawang sendiri ada 2 cabang Aming Coffee, yaitu di Singkawang Grand Mall dan di Singkawang Cultural Center. Sedangkan Starbucks hanya ada di Singkawang Grand Mall.

Karena penasaran, detikTravel akhirnya mencoba Aming Coffee untuk ngopi pagi sekalian sarapan. Kami memilih cabang di Singkawang Cultural Center (SCC) di Jalan Yos SudarsoNo 76, Singkawang Barat, Singkawang.

Warung kopi ini sudah buka sejak pukul 06.00 pagi. Cocok banget buat kamu yang pagi-pagi sudah ingin ngopi. Kami memesan kopi susu dan juga roti bakar sarikaya.

Aming CoffeeAming Coffee Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel

Dari pelayan yang bertugas, kami baru tahu bahwa Aming Coffee yang cabang SCC ini adalah milik anak Walikota Singkawang Tjhai Chui Mie. Setelah membayar, kami pun duduk di meja.

Bangunan Aming Coffee ini menempati area outdoor yang cukup luas. Ada area indoor ber-AC juga untuk traveler yang tidak merokok. Desainnya sendiri anak muda banget, cocok buat nongkrong berlama-lama bersama dengan teman.

Aming CoffeeAming Coffee Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel

Begitu pesanan kami datang, asap putih tipis mengepul dari cangkir. Aromanya pun sedap, sama seperti kopi Singkawang pada umumnya. Untuk rasa, kopi di sini rata-rata tidak terlalu asam sehingga masih aman dikonsumsi buat menemani sarapan.

Menyeruput kopi sambil ditemani roti bakar sarikaya sungguh sebuah kombinasi yang istimewa. Soal harga juga ternyata tidak terlalu mahal, tidak seperti yang dibayangkan.

Aming Coffee ini memang terbilang legendaris. Warung kopi ini sudah ada sejak tahun 1970. Aslinya dari Pontianak, tepatnya di Jalan Haji Abbas I No 157, Pontianak.

Lambat laun karena konsumennya makin banyak, warung kopi ini pun membuka cabang di beberapa kota. Hingga saat ini, Aming Coffee sudah ada di Jakarta, Bogor, Tangerang, Solo hingga Yogyakarta.



Simak Video "Menikah Jadi Pelarian Amoy Singkawang dari Jurang Kemiskinan"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA