Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 09 Mar 2022 12:07 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Warung Sederhana dengan Kuliner Khas Kalimantan yang Menggoda

Alila Resto Pontianak
Foto: Alila Resto (Wahyu Setyo Widodo/detikTravel)
Pontianak -

Traveler bisa menikmati kuliner khas Kalimantan di Pontianak. Ada satu rumah makan yang cukup sederhana, namun sajiannya sangat menggoda. Namanya Alila Resto.

Alila Resto adalah salah satu tempat makan di Pontianak yang menyajikan aneka kuliner khas Kalimantan, termasuk yang jarang dicoba oleh traveler.

Salah satunya adalah sayur keladi. Sesuai dengan namanya, sayur ini terbuat dari daun dan batang keladi yang masih tergolong satu keluarga dengan talas.

Di Alila Resto, traveler bisa mengambil sendiri hidangan yang diinginkan karena konsepnya memang prasmanan. Selain itu, tersedia juga hidangan yang ada di daftar menu yang bisa dipesan.

Kami memilih untuk berkeliling sendiri dan mengambil sendiri makanan yang tersedia saat itu. Kami memilih lauk cumi hitam, ikan goreng dan bakwan jagung. Sebagai pelengkapnya ada sayur keladi dan sambal.

Alila Resto PontianakAlila Resto Pontianak Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel

Soal citarasa, makanan khas Kalimantan di sini cenderung gurih, asam dan pedas, namun tidak bersantan. Cocok banget disantap untuk makan siang. Sebagai temannya, segelas es teh manis jadi penawar dahaga yang pas.

Namun sayang, saat kami sampai di sini, jam makan siang sudah lewat, sehingga banyak lauk dan sayur andalannya, seperti rendang jengkol, udang sambal petai hingga kakap asam pedas sudah habis diborong pembeli.

Alila Resto PontianakAlila Resto Pontianak Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel

Berlokasi di dekat kantor-kantor pemerintahan memang membuat Alila Resto jadi tujuan favorit bagi para pekerja untuk bersantap siang. Tak heran jika waktu jam makan siang, restoran ini dipenuhi oleh pengunjung.

Untuk harga relatif, makanan di sini masih sangat terjangkau. Dengan uang Rp 100 ribu, kami bertiga sudah bisa makan dengan puas, kenyang dan nikmat.

Alila Resto PontianakAlila Resto Pontianak Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel

Menurut Mak Sari, salah satu karyawan Alila, semenjak pandemi Covid-19 terjadi, Alila Resto kehilangan lebih dari 50% pelanggannya. Namun perlahan-lahan, situasi mulai membaik.

"Alhamdulillah belum ada yang tutup. Cuma karyawan aja yang dikurangi, sekarang tinggal 27 karyawan," ujar Mak Sari.

Alila Resto buka mulai pukul 08.00 pagi. Namun menunya masih belum begitu lengkap, baru pukul 11.00 hidangan sudah matang semua dan siap dipesan pengunjung. Alila Resto buka setiap hari Senin-Jumat, dan libur di hari Minggu.



Simak Video "Mencicipi Lezatnya Tahu yang Masih Hangat Khas Kota Khatulistiwa, pontianak"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA