Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 16 Mar 2022 22:49 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Gunung Tertinggi di Indonesia Ada di Papua, Sudah Tahu?

Tim detikcom
detikTravel
Trek Pendakian Carstensz
Foto: Carstensz Pyramid (Afif Farhan/detikTravel)
Wamena -

Tahukah kamu dimana gunung tertinggi di Indonesia? Jawabannya ada di tanah Papua. Menjulang setinggi 4.884 MDPL, inilah Carstenz Pyramid. Yuk, simak!

Bicara tentang pendakian gunung memang tak ada habisnya. Indonesia sendiri memiliki banyak gunung, baik yang masih aktif maupun yang tidak.

Dari sekian banyak gunung di Indonesia, ada satu gunung jadi yang tertinggi. Bukan di tanah Jawa, gunung tertinggi di Indonesia itu justru berada di pulau Papua.

Dihimpun detikTravel dari berbagai sumber, Selasa (16/3/2021), Puncak Jaya Wijaya atau dikenal juga dengan Gunung Carstensz Pyramid adalah gunung tertinggi di Indonesia.

Puncak Jaya Wijaya termasuk dalam wilayah pegunungan Barisan Sudirman yang memiliki ketinggian 4.884 mdpl dengan dikelilingi gletser bernama gletser Carstensz.

Gletser tersebut adalah gletser tropika satu-satunya yang dimiliki Indonesia karena jumlah gletser yang lain mulai menipis akibat pemanasan global yang semakin parah.

Selain masuk dalam daftar 10 gunung tertinggi di Indonesia, puncak Jaya Wijaya juga masuk 7 puncak tertinggi di dunia. Puncak ini menjadi tertinggi di Indonesia tepatnya kawasan Oseania.

Puncak ini pada tahun 1963 pernah berganti nama menjadi Puncak Soekarno, sampai akhirnya bernama Puncak Jaya. Nama itulah yang akhirnya masih populer hingga saat ini di kalangan para pendaki gunung selain nama Piramida Carstensz.

Puncaknya yang tertutup salju dan es abadi, membuat gunung ini menjadi incaran dan impian para pendaki. Bila sudah bisa menaklukkan gunung ini, seperti jadi pencapaian tertinggi bagi para pendaki.

Di kalangan pendaki gunung, puncak Carstensz ini terkenal dengan pegunungan yang mematikan. Tak sembarang orang bisa menggapainya.

Oleh sebab itu, mendaki gunung tertinggi di Indonesia Puncak Jaya Wijaya tentu butuh pengalaman dan jam terbang luar biasa. Diperlukan sejumlah persiapan hingga fisik yang prima sebagai modal mendaki gunung ini.



Simak Video "3 Orang Tewas di Puncak Gunung Tertinggi di Ekuador"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA