Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 05 Apr 2022 20:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ngabuburit di Garut Sambil Foto-foto? Ini 3 Tempat Instagramablenya

Hakim Ghani
detikTravel
Sudut-sudut di Alun-alun Garut yang baru selesai renovasi.
Foto: Hakim Ghani
Jakarta -

Bulan Ramadan identik dengan ngabuburit atau menunggu waktu berbuka. Ada berbagai pilihan tempat ngabuburit yang bisa dikunjungi di Garut.

Dari sekian banyak tempat ngabuburit, beberapa di antaranya sangat bagus dijadikan tempat berfoto, atau istilah anak zaman sekarang, Instagramable. detikJabar merangkum, setidaknya ada tiga tempat ngabuburit di pusat perkotaan Garut yang Instagramable banget lho!

1. Cilopang

Cilopang berada di kaki Gunung Guntur, Desa Rancabango Kecamatan Tarogong Kaler, Garut. Tempat ini menyimpan segudang spot menarik untuk dijadikan tempat berfoto.

Di hari-hari biasa, masyarakat yang mendatangi tempat ini biasanya ngopi di Kafe Balong atau mengunjungi kawasan Bukit Tegal Malaka yang ada di sana untuk bersantai.

Pada momen Ramadan kali ini, tempat yang dulunya hutan tersebut cocok dijadikan tempat ngabuburit. Pemandangan indah Gunung Guntur akan terlihat jelas di sana. Selain Gunung Guntur, beberapa bangunan estetik milik Kafe Balong serta sebuah danau kecil di Cilopang bisa dijadikan spot foto yang ciamik.

[Gambas:Instagram]



2. Jalan Baru Ibrahim Ajie

Jalan baru Ibrahim Ajie di Kecamatan Tarogong Kaler belakangan ini jadi buah bibir lantaran pemandangannya yang indah. Tak sekadar jalan biasa, jalan ini dikelilingi gunung yang super indah.

Panorama Gunung Cikuray, Gunung Guntur, dan Gunung Papandayan akan terlihat jelas di tempat ini. Apalagi jika cuaca tidak sedang mendung atau hujan.

Di jalan yang baru saja rampung dikerjakan tahun 2022 ini, detikers bisa berswafoto bebas dengan berbagai pemandangan indah yang ada. Selain itu, udara sejuk di lokasi ini akan terasa meskipun pada sore hari. Hamparan kebun dan persawahan masih terlihat jelas dan menyejukkan mata.

Jalan Ibrahim Ajie Garut.Jalan Ibrahim Ajie Garut. Foto: Hakim Ghani/detikJabar

3. Alun-alun Garut

Satu lagi tempat Instagramable di Garut yang bisa dikunjungi untuk ngabuburit adalah Alun-alun Garut. Tempat ini kembali dibuka setelah ditutup gegara pandemi COVID-19.

Berbeda dengan sebelumnya, Alun-alun Garut kini menyajikan pemandangan yang berbeda. Usai direnovasi dan diresmikan kembali, tempat yang sebetulnya bernama lapangan Otto Iskandar Dinata ini menyuguhkan beragam spot menarik.

Mulai dari arena permainan anak-anak, amphitheater dan spot baca buku. Tempat ini juga menjadi Instagramable karena lebih berwarna. Di salah satu titiknya, detikers juga bisa berpose di Tugu 'GARUT' yang fotogenik.

Sudut-sudut di Alun-alun Garut yang baru selesai renovasi.Sudut-sudut di Alun-alun Garut yang baru selesai renovasi. Foto: Hakim Ghani

Lapangan Otista ini kembali dibuka usai ditutup beberapa waktu lalu karena menyebabkan kerumunan di masa pandemi COVID-19. Padahal, sejak diresmikan Gubernur Jabar Ridwan Kamil bukan Januari lalu, tempat ini jadi buruan warga Garut untuk bertamasya.

"Alun-alun Garut kita buka lagi, dengan catatan saya mohon protokol kesehatannya. Kalau nanti terjadi kerumunan lagi, terpaksa kita akan batasi lagi," ungkap Bupati Garut Rudy Gunawan.

---

Artikel telah tayang di detikJabar.



Simak Video "Muara Cibentang Bakal Disulap Pemda Garut Jadi Destinasi Wisata Cantik"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA