Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 18 Apr 2022 16:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Cobain Deh, Ngabuburit Naik VW Keliling Pedesaan di Kulon Progo

Jakarta -

Beragam aktivitas bisa dilakukan ketika menunggu waktu berbuka puasa alias ngabuburit. Salah satunya, berkeliling pedesaan sambil menikmati sejuknya angin persawahan di Kulon Progo, DIY, menggunakan mobil VW terbuka atau yang biasa disebut VW Safari.

Ngabuburit asik ini merupakan salah satu fasilitas yang disediakan oleh Omah Cantrik, sebuah rumah makan murah meriah di wilayah Nanggulan, Kulon Progo. Menggunakan mobil VW terbuka lawas yang masih prima, pengunjung diajak berkeliling pedesaan, melewati jembatan tua, pematang sawah hingga saluran irigasi di Nanggulan.

Pengelola Omah Cantrik, Sukma Swarga Tiba mengatakan fasilitas yang diberi nama VW Susur Pedesaan ini sudah ada sejak setahun belakangan. Adapun pada bulan Ramadan 2022, ada konsep khusus yang diusung pihaknya, yakni ngabuburit sambil jalan-jalan pakai VW.

"Jadi selama bulan Ramadan ini kita punya konsep ngabuburit sambil jalan-jalan menggunakan VW. Kita ajak pengunjung menyusuri pedesaan dan area persawahan di Nanggulan," ucap Sukam saat ditemui di Omah Cantrik, Sabtu (16/4/2022).

Ngabuburit naik VW di Nanggulan, Kulon Progo, Sabtu (16/4/2022).Ngabuburit naik VW di Nanggulan, Kulon Progo, Sabtu (16/4/2022). Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikJateng

Sukma menuturkan peminat trip susur pedesaan ini terbilang cukup banyak. Dalam sehari, pihaknya bisa melayani hingga 20 perjalanan.

"Selama Ramadan ini, kita bisa melayani sampai 20 perjalanan, dan karena bulan Ramadan, trip-nya dilangsungkan setiap sore hari maksimal pukul 17.00 WIB untuk buka puasa," ucapnya.

Sukma, menuturkan daya tarik utama fasilitas ini adalah pengalaman bisa keliling pedesaan di Nanggulan yang terkenal masih begitu asri. Ditambah pengunjung diberi kesempatan untuk berfoto dengan latar area persawahan setempat.

"Yang paling banyak diminati di trip VW ini memang foto-foto, karena kan sosial media itu setiap pengunjung pasti kan punya, dan mereka pengin upload keeksistensiannya mereka jadi, lewat yang unik-unik salah satunya trip VW ini," ucapnya.

Sukma mengatakan bagi pengunjung yang berminat mengikuti VW Susur Pedesaan Omah Cantrik, harus reservasi dahulu setidaknya 1 hari sebelumnya. Adapun untuk menikmati layanan ini, cukup merogoh kocek Rp 200 ribu per 4 orang, sudah termasuk biaya makan untuk buka puasa.

"Kita menyediakan trip VW susur desa itu dari harga Rp 200.000 untuk 4 orang, dan itu sudah termasuk makan. Promo ini akan diperpanjang sampai lebaran besok," ucapnya.

Sementara itu salah satu pengunjung, Nurul Hikmah (23) mengaku terkesan dengan layanan VW susur pedesaan di Omah Cantrik. Sebab sembari menunggu waktu berbuka, bisa jalan-jalan keliling kampung dengan pemandangan alam yang masih asri.

"Kesannya seru banget ya. Tadi kita lewat permukiman warga terus jembatan dan terakhir di sawah-sawah gitu," ucap perempuan asal Banjarmasin, Kalimantan Selatan tersebut.

Nurul mengatakan bahwa ia baru pertama kali menggunakan layanan VW susur pedesaan. Adapun ia tahu adanya layanan ini dari sosial media.

"Baru pertama kali sih, dan tahunya itu dari Instagram, terus ada yang upload video-video gitu," ujarnya.

Kesan asik dan menyenangkan juga diungkapkan pengunjung lain dari Jakarta, bernama Jojo (28). Jojo tidak datang sendiri, melainkan bareng teman-temannya, dengan niat berlibur sambil healing.

"Seru sih aku suka, mobilnya keren. Terus aku ke sini emang niatnya holiday. Jadi mau healing," ucapnya.

---

Artikel ini telah tayang di detikJateng.

(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA