Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 11 Nov 2022 15:25 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Libur Nataru, DIY Arahkan Wisatawan Biar Tidak Numpuk di Malioboro

jalan malioboro yogyakarta
Kawasan Malioboro selalu jadi favorit turis di Jogja Foto: (Kurnia/detikTravel)
Jakarta -

Yogyakarta biasanya menjadi favorit pilihan turis domestik untuk berlibur akhir tahun. Agar pengunjung tidak menumpuk di area pusat kota seperti Maliboro, Pemprov DI Yogyakarta menyiapkan sejumlah strategi.

"Yogya itu kan jadi favorit untuk wisatawan domestik. Jadi kami menyediakan atau mempunyai strategi bisa meratakan ke kabupaten dan kota yang lain jadi tidak menumpuk di satu titik biasanya di Malioboro. Kami buat daya tari di beberapa kabupaten atau kota. Harapan saya supaya tidak fully crowded tapi merata," ujar
Kepala Dinas Pariwisata DI Yogyakarta Singgih Rahardjo dalam jumpa pers di Jakarta.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno di tempat yang sama juga mengakui kalau Yogyakarta adalah salah satu destinasi favoritnya. Jadi tidak salah kalau Yogya juga menjadi tuan rumah untuk event ASEAN Tourism Forum (ATF) yang akan diadakan pada 2-5 Februari 2023.

"Kenapa Yogyakarta? Karena saya juga yang memilih. Saya senang sekali dengan Yogyakarta, dan Yogyakarta ngangenin. Yogyakarta juga menjadi salah satu destinasi super prioritas yang memiliki kesiapan infrastruktur MICE yang paling siap untuk penyelenggaraan event pertemuan internasional pada level menteri, antara lain kesiapan SDM, penyediaan akomodasi, penyediaan lahan pameran dengan skala besar, atraksi wisata yang mencakup keaslian budaya yang kental, kuliner khas, dan destinasi wisata alam yang luar biasa indah," kata Sandiaga.

"Yang menarik adalah yang paling siap Yogyakarta International Airport. Jadi ketika saya mendarat di sana ini seperti airport internasional kelas dunia. Kami berharap akan ada penerbangan langsung lebih banyak lagi untuk mendukung suksesnya ATF 2023," kata Menparekraf.

Bagi turis untuk libur natal dan tahun baru ada opsi pilihan wisata di DI Yogyakarta antara lain di Gunungkidul, lalu ada desa wisata seperti Desa Widosari, Desa Wisata Kaki Langit, Desa Wukirsari yang bisa dikunjungi.

"Ada juga yang sudah legend seperti Desa Nglanggeran. Jadi selain destinasi unggulan banyak destinasi baru yang dikembangkan di seluruh DI Yogyakarta," imbuh Sandiaga.



Simak Video "Menparekraf Jawab Isu Larangan Konser hingga Akhir Desember 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA