Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 18 Mei 2012 14:02 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Liburan Panjang di Jakarta, ke Situ Lembang Saja!

Fitraya Ramadhanny
d'travelers
Foto 1 dari 5
Taman Situ Lembang yang hijau di kawasan Menteng (Fitraya/detikTravel)
Taman Situ Lembang yang hijau di kawasan Menteng (Fitraya/detikTravel)
detikTravel Community - Tidak usah bingung jika liburan panjang ini Anda tetap di Jakarta, atau malah sengaja berlibur di Jakarta. Nikmatilah taman kota yang teduh dan asri di Situ Lembang. Anak Anda pun puas di taman bermain.

Situ Lembang adalah salah satu taman kota di kawasan elit Menteng, Jakarta Pusat, tepatnya di Jl Lembang. Untuk sampai ke Situ Lembang, Anda dari Taman Suropati, sedikit mengarah ke Jl Teuku Umar. Ada Jl Padalarang atau Jl Syamsurizal yang tembus ke Situ Lembang. Atau, dari Taman Suropati ambil Jl Diponegoro arah Cikini hanya 300 meter, Jl Lembang ada di sisi kiri jalan.

Seperti namanya, taman kota ini memiliki danau buatan berbentuk yang memang tidak terlalu besar. Tapi danau ini suasanya cukup asri, seperti saat detikTravel berkunjung beberapa waktu lalu.

Hapus segala kekhawatiran Anda tentang taman kota. Situ Lembang benar-benar dirawat dengan rapi, dan menjadi taman kota yang berkualitas. Situ Lembang tampil cantik dengan bunga-bunga teratai berwarna putih dan merah muda.

Pengunjung bisa melakukan banyak hal di sini. Ada banyak bangku untuk duduk-duduk nyaman. Beberapa orang memilih memancing dan duduk santai di beberapa anjungan kecil. Lumayan, kalau beruntung ikan lele atau gabus bisa dibawa pulang.

Nah untuk anak-anak, Situ Lembang memiliki taman permainan di sisi timur dan baratnya. Ada ayunan dan aneka wahana motorik lain. Asyiknya, arena bermain anak-anak ini dilengkapi dengan karpet karet. Tidak perlu takut cidera kalau anak Anda terjatuh.

Jika ingin membawa orangtua, Situ Lembang juga cocok untuk manula. Selain teduh dan hawanya lebih bersih dari kawasan Jakarta kebanyakan, Situ Lembang juga punya jalur refleksi di sebelah area bermain anak. Ini adalah jalan kecil dilengkapi dengan batu-batu yang disusun khusus. Lepas alas kaki Anda dan berjalanlah di atas batu-batu ini. Biarkan syaraf kaki Anda diterapi.

Untuk makanan, Anda bisa bawa sendiri dari rumah untuk dimakan bersama anggota keluarga atau teman-teman. Tapi kalau tidak, ada juga sejumlah pedagang makanan walaupun tidak banyak.

Satu hal yang unik, ada seekor monyet yang tinggal di Situ Lembang. Monyet ini sengaja dilepas sejak kecil entah oleh siapa. Monyet ini cukup jinak dan sering digoda pengunjung, tapi Anda bisa memberinya makan kalau mau.

Oh iya satu lagi, taman ini dahulu beberapa kali dipakai syuting oleh grup lawak legendaris Warkop DKI. Adegan menggoda orang pacaran, digoda banci, bernyanyi, sampai tercebur danau, pernah dilakoni Dono, Kasino, Indro plus almarhum Nanu.

Berwisata ke Situ Lembang bisa menjadi pilihan kalau Anda memang liburan panjang di Jakarta. Siapa bilang Jakarta tidak punya taman kota yang asyik untuk dikunjungi.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA