Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 02 Sep 2013 10:52 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Malela, 'Niagara' yang Tersembunyi di Bandung Barat

Foto 5 dari 5
Jalur trekking menuju Curug Malela
Jalur trekking menuju Curug Malela
detikTravel Community -

Bandung tak hanya terkenal sebagai Parijs van Java. Sedikit melipir ke arah barat, traveler bisa menemukan air terjun yang katanya, mirip Niagara versi mini. Namanya Curug Malela.

Bandung menyimpan kekayaan alam yang layak dijelajahi, salah satunya adalah air terjun di alis curug. Salah satu curug yang asyik untuk dikunjungi adalah Curug Malela di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga-Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat.

Tak banyak yang mengetahui keindahan curug ini. Jumlah pengunjung juga masih minim. Padahal air terjunnya sangat cantik, dengan kontur berundak setinggi 60-70 meter. Curug dengan 5 jalur ini dikenal sebagai 'Little Niagara' karena mengingatkan kita terhadap air terjun terbesar sedunia yakni Niagara di Kanada.

Jika debit air sedang deras, curug ini akan sangat memesona dari kejauhan. Bak benang sutra yang menuruni 5 jalur berundak!

Saya beruntung karena saat datang ke sini, debit air yang datang dari hulu sungai di lereng Gunung Kendeng ini sedang deras. Namun karena debit air yang deras pula, kami kehilangan kamera karena sahabat saya sempat terbawa arus saat hendak menyeberang ke tengah curug. Namun dengan gadet alakadarnya, kami berhasil mengabadikan kemegahan Curug Malela. 

Sayangnya, curug ini cukup terisolasi mengingat aksesnya yang masih sulit. Dari Terminal Cicaheum, traveler bisa naik bus menuju Bunijaya. Bus ini hanya ada di jam-jam tertentu. Oleh karena itu, kami naik sepeda motor menuju Bunijaya yang ada di perbatasan Bandung-Cianjur ini.

Sampai di Bunijaya, kita akan menghadapi jalur yang cukup ekstrem sekitar 12 Km menuju parkiran. Dari sana, perjalanan hanya bisa dilanjutkan dengan trekking sekitar 3-4 Km melewati bukit-bukit dan pesawahan. Tapi semua rasa lelah akan terbayar dengan eksotisme Little Niagara.



BERITA TERKAIT
BACA JUGA