Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 01 Jul 2017 18:36 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Ingin Merasakan Medan Tempur Avatar Aang, Datang Saja ke Sini

Neny Setiyowati
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Golden Whip Cliff di Golden Whip Stream
Golden Whip Cliff di Golden Whip Stream
detikTravel Community - Suasana pegunungan di film Avatar ternyata ada di dunia nyata. Nama gunung tersebut adalah Pegununan Avatar Hallelujah.

Para pencinta animasi avatar pasti tidak asing dengan pilar-pilar berbatuan rucing yang tinggi menjulang yang terdapat di pegunungan. Di sana merupakan tempat Aang bertempur melawan Raja Api Ozai. Gambaran latar film tersebut, ternyata ada di dunia nyata lho.

Pilar-pilar berbatuan tersebut bisa kita lihat di China, tepatnya di Zhangjiajie National Forest Park. Berlokasi di provinsi Hunan, Zhangjiajie National Forest Park terbagi dalam 2 kawasan, yaitu Zhangjiajie dan Wullingyuan Scenic. Taman ini didirikan pada tahun 1982 dan merupakan taman hutan nasional pertama di China dengan luas keseluruhan hampir 5000 hektar.

Sepuluh tahun kemudian, di tahun 1992 UNESCO menetapkan Wullingyuan Scenic sebagai situs warisan dunia. Serta Zhangjiajie juga termasuk dalam daftar global geopark UNESCO pada tahun 2004. Keren!

Suasana di taman ini  sangat natural. Flora dan faunanya beragam, sungai yang jernih, serta iklim yang ramah. Pepaduan deretan pepohonan dengan tebing-tebing hutan membuat hutan ini terlihat megah. Di taman kita bisa menikmati beberapa tempat, salah satu di antaranya adalah Yuanjiajie, kawasan Pegunungan Avatar.

Sebelumnya, pegununangan ini bernama Southern Sky Colulmn. Setelah itu berganti nama dan resmi menjadi Avatar Halellujah Mountains. Dengan berganti nama tersebut, membuat taman ini semakin ramai dikunjungi wisatawan.

Formasi pilar-pilar yang terbentuk akibat erosi terlihat hampir di seluruh taman dengan tanaman tumbuh di puncaknya. Dengan kabut-kabut tebal yang menyelimutinya membuatnya semakin eksentrik. Salah satu pilar nya mencapai ketinggian sekitar 1080 meter. Kita bisa merasakan langsung suasana Aang mengendalikan udara!

Selain Pegunungan Avatar, fenomena alam yang bisa ditemukan di Yuanjiajie adalah The First Bridge Under The Sun. Ada 2 puncak pilar terhubung satu sama lain sehingga membentuk jembatan secara alami. Jembatan ini terbentang sepanjang 50 meter dengan lebar 2 meter dan ketebalan sekitar 5 meter. Jembatan ini terbentuk di atas ketinggian sekitar 400 meter.

Setelah puas memandangi Pegunungan Avatar, tempat selanjutnya yang bisa kita jelajahi di taman ini adalah Huangshizhai. Di sini terdapat berbagai fenomena alam diantaranya adalah Five Finger Peaks, di mana puncak-puncak pilar membentuk seperti 5 jari. Selain itu ada lagi Needle Peak, the Southern Gate to Heaven, Tranquil Trail in Fir Woods dan masih banyak lagi.

Selain Yuanjiajie dan Huangshizhai, Tianzi Mountain juga wajib disinggahi karena menyuguhkan pemandangan unik. Kita bisa menikmati keindahan hamparan lautan kabut. Satu tempat lagi yang harus didatangi adalah Golden Whip Stream. Di sini kita bisa merasakan ketenangan alam sembari menikmati kejernihan air yang mengalir sepanjang hampir 6 kilometer. Sungai ini mengalir di antara pegunungan dengan puncak-puncak pilar yang dikelilingi oleh bunga-bunga liar yang cantik.

Untuk masuk ke kawasan taman, pengunjung dibandrol tiket seharga CNY 245 (Rp 490.000) di high season (Maret sampai November) dengan masa berlaku tiket 3 hari setelah pembelian. Sedangkan di low season (Dec hingga Feb) harga tiket dewasa CNY 136 (Rp 272.000) dengan masa berlaku tiket 4 hari setelah pembelian. Tiket tersebut sudah termasuk shuttle bus untuk mengelilingi taman.

Kawasan hutan ini sangat luas, jadi diperlukan stamina yang bagus untuk bisa mengunjungi taman ini dengan maksimal. Meskipun tersedia bus, lift, dan cable car, tetap ada yang melakukan pendakian juga trekking. Sebelum berkeliling jangan lupa cek kondisi cuaca, biar kita bisa mendapatkan pemandangan yang optimal. Karena kalau musim hujan puncak-puncak pilar dari ketinggian tidak tampak, meskipun dari kaki gunung terlihat jelas.

Hindari bulan Juli dan Augustus ya. Karena pada bulan inilah taman ini dipenuhi rombongan turis. Jadi sangat tidak nyaman mengantre. Juga di beberapa jalur pendakian ada yang sempit dan berbahaya bila berjejalan pengunjung.

Selamat berlibur!
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: Wanita yang Mandi Darah

Rabu, 16 Agu 2017 07:15 WIB

Nama Kastil Cachtice mungkin masih asing di telinga. Sejarahnya bisa bikin merinding, karena dulunya tempat mandi darah para gadis!

Foto: Manusia Topeng dari Afrika

Rabu, 16 Agu 2017 17:30 WIB

Mungkin, sekilas warga yang tinggal di kawasan Burkina Faso ini terlihat menyeramkan. Setiap hari, mereka menggunakan topeng yang bentuknya abstrak!