Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 20 Okt 2018 12:48 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Cerita Keserakahan Tikus dan Kucing dari Sebuah Pantai di Thailand

Novi Kusumayanti
d'travelers
Foto 1 dari 5
Pantai Samila
Pantai Samila
detikTravel Community - Kota Songkhla di wilayah selatan Thailand memang belum sepopuler kota lainnya di Thailand terlebih bagi wisatawan Indonesia. Salah satu alasannya adalah akses langsung menuju Songkhla dari wilayah Indonesia. Wisatawan dari Malaysia mungkin lebih mengenal Songkhla karena wilayah ini berbatasan darat dengan Malaysia.

Songkhla dapat dicapai dengan menggunakan angkutan umum dari bandar udara di Hat Yai selama sekitar 1 jam. Songkhla kota kecil dan tidak terlalu ramai. Namun kota ini memiliki pantai yang indah dan bersih yang dikenal dengan Pantai Samila. Dari pusat kota menuju pantai Samila dapat menggunakan Songthew, kendaraan umum semacam angkutan berkapasitas 7 orang.

Pantai berpasir putih dan halus berpadu dengan laut yang berwarna gradasi biru cukup memanjakan mata. Selain pemandangan pantai yang indah, ternyata tempat ini juga mempunyai legenda. Di pantai ini terdapat patung kucing dan tikus. Konon menurut legenda hewan-hewan ini menceritakan keserakahan.

Dikisahkan dahulu terdapat kucing dan anjing yang berasal dari Songkhla yang merupakan hewan peliharaan seorang pedagang dari China. Saat di tengah lautan, kedua hewan ini merasa bosan dan ingin kembali ke Songkhla. Dibantu oleh tikus, kedua hewan itu merencanakan kembali ke Songkhla dengan berenang menyeberangi lautan serta mencuri kristal ajaib milik si pedagang.

Di tengah perjalanan, tikus yang bertugas untuk mencuri kristal ajaib ingin menguasai benda itu sendiri. Sementara kucing pun memiliki keinginan yang sama dan berusaha merebut kristal tersebut.

Akhir cerita, kristal ajaib terlepas dari tikus dan tenggelam di tengah lautan. Kucing dan tikus yang telah berenang jauh, kelelahan dan tenggelam di tengah lautan juga. Hanya anjing yang dapat berenang sampai ke pantai. Namun karena sangat kelelahan, anjing pun mati saat sampai di pantai.

Konon kucing dan tikus menjelma menjadi 2 pulau, Koh No (pulau tikus) dan Koh Maew (pulau kucing). Sementara anjing menjelma menjadi Kao Tangkuan (bukit Tangkuan). Dan Kristal ajaib yang jatuh di tengah lautan pecah menjadi butiran halus dan menjadi pasir pantai.

Selain patung kucing dan tikus, di Pantai Samila terdapat juga patung putri duyung. Namun tidak ditemukan cerita legenda mengenai patung putri duyung ini. Pantai Samila merupakan salah satu destinasi wisata di Songkhla selain museum dan beberapa tempat sejarah lainnya.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA