Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 19 Nov 2018 14:49 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Melihat Patung Seribu Wajah Buddha di Pulau Bintan

Annisa Fitriah
d'travelers
Foto 1 dari 5
Taman vihara Ksitigarbha Bodhisattva
Taman vihara Ksitigarbha Bodhisattva
detikTravel Community - Bintan di Kepulauan Riau tak hanya mempesona lewat pantainya. Di sana juga ada sebuah vihara dengan seribu wajah Buddha.

Kepulauan Riau punya banyak potensi wisata yang memukau, salah satunya adalah pulau Bintan yang juga pulau terbesar di Kepulauan Riau. Lokasi Pulau Bintan terbilang sangat strategis karena terletak di semenanjung selatan Malaysia di mulut Selat Malaka dan dari sejarahnya merupakan tempat singgah favorit.

Saya akan membahas Vihara Ksitigarbha Bodhisattva atau yang disebut patung seribu wajah Buddha, Saat berwisata di tanjung pinang, kepulauan riau tak hanya sekedar wisata pantai saja. Adapun wisata religi yaitu mengunjungi patung seribu wajah buddha.

Khas di tempat peribadatan agama Buddha tentu sudah biasa. Tetapi akan berbeda jika jumlah patung tersebut tidak hanya satu, dua, atau dapat dihitung dengan jari, melainkan berjumlah 500 patung! Patung-patung tersebut dipajang pada sebuah bukit yang memang sengaja khusus dirancang sebagai tempat beribadah sekaligus bagi daya tarik wisatawan.

Lokasi tempat berdirinya segerombolan patung tersebut oleh warga setempat, karena penampakan jumlah patung yang tak terhitung, mengenalnya dengan sebutan Patung Seribu Budha. Berada pada atas bukit yang bisa digapai dengan menggunakan kendaraan roda empat. Terletak di dalam area terpugar menyatu dengan beberapa bangunan yang digunakan sebagai tempat peribadatan. Hamparan taman yang ditata menarik terlihat sedap dipandang.

Dulu vihara ini tidak dibuka untuk umum alias hanya bagi yang ingin beribadah saja. Tetapi sekitar imlek 2017, tempat ini dibuka oleh umum. Karena saat ini sudah dibuka untuk umum, makanya tempat ini sudah banyak yang di pagar terutama di bagian depan pintu masuk dan di depan patung-patungnya untuk mengindari tangan-tangan jahil para pengunjung yang nakal.

Untuk masuk ke obyek wisata ini, pengunjung dari dalam negeri ditarik dana sebesar Rp 5.000, sedangkan wisman dikenai tarif Rp 30 ribu. Selain untuk beribadah tempat ini juga bagus untuk berfoto selfie yang instagrammble.

Uniknya lagi dari ratusan patung ini memiliki ragam banyak ekspresi wajah loh. Seperti marah, tertawa, muka lucu, cemberut, muka riang dan bahkan ada yang ekspresinya seolah-olah sedang mengajak kamu.

Saat akhir tahun seperti ini sedang adanya pergantian cuaca, jadi persiapkan dirimu baik-baik ya sebelum traveling, saya selalu sedia Tolak Angin Sidomuncul jika badan saya mulai terasa tidak enak badan, mual, masuk angin. Karena hanya tolak angin lah yang dapat mengatasi masuk angin di kala pergantian cuaca seperti ini. Orang pintar minum tolak angin
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED