Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 07 Jul 2019 11:30 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Minggu Pagi di Bandung: Jelajah Babakan Siliwangi

Foto 1 dari 5
Forestwalk Babakan Siliwangi yang memiliki panjang kurang lebih dua kilometer dengan ketinggian sekitar 3-4 meter
Forestwalk Babakan Siliwangi yang memiliki panjang kurang lebih dua kilometer dengan ketinggian sekitar 3-4 meter
detikTravel Community -

Ada banyak cara untuk menikmati Bandung di pagi hari. Salah satunya adalah dengan wisata di Babakan Siliwangi, tengah Kota Bandung.

Hutan Babakan Siliwangi atau Baksil merupakan area hutan yang memiliki luas kurang lebih 3,8 hektar yang berlokasi di Kelurahan Lebak Siliwangi, Kecamatan Coblong dan masih berada satu kawasan dengan Sarana Olahraga Raga (Saraga) ITB di utara Kota Bandung.

Lokasinya yang tidak jauh dari pusat kota membuat hutan ini selalu ramai dikunjungi warga dan wisatawan untuk melakukan berbagai aktifitas mulai dari olahraga, rekreasi, atau sekedar berfoto-foto.

Menjelajahi hutan ini tidaklah sulit karena pengunjung hanya perlu mengikuti Forestwalk, yaitu sebuah jembatan pejalan kaki setinggi kurang lebih 3-4 meter yang dibuat mengitari area hutan kota ini. Hanya dengan menyusuri jembatan ini pengunjung sudah dapat menikmati sensasi menjelahi alaminya hutan dari ketinggian dan segarnya udara tanpa harus bersusah payah menembus lebatnya hutan.

Memiliki panjang kurang lebih dua kilometer, Forestwalk Babakan Siliwangi dibuat berkelok-kelok untuk mengindari pohon-pohon besar. Sedangkan pohon berbatang kecil dibiarkan berada di tengah-tengah lintasan jembatan dengan diberikan lubang kecil. Bukan hanya berkelok, pengunjung juga harus menyiapkan sedikit tenaga lebih karena di beberapa bagian jembatan ini dibuat menanjak dan menurun mengikuti kontur tanah sekitarnya.

Menyusuri Forestwalk Babakan Siliwangi, pengunjung dapat merasakan segarnya udara dengan berbagai jenis pohon-pohon besar yang cukup menjadi kanopi dari sengatan sinar matahari. Terkadang kita perlu menunduk karena terdapat tumbuhan yang menghalangi lintasan jembatan ini. Selain itu, jika beruntung mungkin pengunjung dapat melihat tupai diantara dahan-dahan pohon.

Jika sudah lelah berkeliling, tersedia tempat duduk untuk pengunjung melepas lelah dan bersantai yang terdapat di awal dan ujung lintasan. Selain itu di area ini juga disediakan toilet dan sebuah mushola. Di sepanjang Forestwalk ini juga dilengkapi dengan dilengkapi dengan lampu LED yang cukup terang dan tersebar.

Akses menuju Hutan Babakan Siliwangi ini tidaklah sulit karena letaknya yang strategis dilalui beberapa trayek angkutan umum dan berdekatan dengan lokasi wisata lainnya seperti Kebun Binatang Bandung, Cikapudung Riverside atau Teras Cikapundung, Cihampelas, dan Dago.

Untuk berkunjung ke hutan kota ini pengunjung tidak dikenai biaya. Jika penunjung membawa kendaraan, pengunjung hanya perlu membayar parkir yang disediakan di area ini dengan akses pintu masuk dari Jalan Babakan Siliwangi.

Sedangkan untuk pejalan kaki tersedia juga da akses jalan tambahan di Jalan Tamansari untuk menuju lokasi Hutan Babakan Siliwangi. Pertama akses dari Forestwalk lama yang sudah direnovasi dan tersambung ke ke tengah-tengah lintasan Forestwalk baru dan kedua melalui akses jalan menuju kantor Kelurahan Lebak Siliwangi.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA