Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 20 Okt 2019 10:40 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Akhir Pekan di Yogya, Jangan Lupa Kunjungi 4 Tempat Ini

Foto 1 dari 5
Taman Bunga Matahari, Pantai Samas Bantul.
Taman Bunga Matahari, Pantai Samas Bantul.
detikTravel Community - Menghabiskan akhir pekan di Yogya, traveler jangan takut kehabisan ide tempat wisata. Ada 4 tempat wisata asyik yang tak boleh dilewatkan.

Hello para traveller saya mau rekomendasiin tempat wisata yang bagus dan indah di Yogyakarta. Jadi, liburan kelulusan kemarin saya berlibur ke Yogya. Sebenarnya sudah sering ke kota ini, karena memang tidak pernah ngebosenin dan selalu saja ada tempat baru.

Liburan kali ini sudah saya list dan rencanakan akan ke arah Bantul dan daerah Kulonprogo. Saya naik kereta dari stasiun Pasar Senen. Sesampainya di sana, saya langsung menuju ke arah Bantul untuk mengexplore dan mencari penginapan di sana.

Destinasi wisata pertama yang saya kunjungi yaitu Taman Bunga Matahari yang terletak di Pantai Samas, Bantul, Yogyakarta. Lokasinya dekat sekali dengan pantai dan sepanjang jalan dekat pantai terdapat Taman Bunga Matahari tersebut.

Di sana kalian dapat berfoto-foto sepuasnya dengan background bunga matahari yang tinggi-tinggi. Cukup membayar 5 ribu rupiah saja untuk tiket masuknya. Di sana juga disediakan properti seperti topi, kacamata dan lainnya untuk berfoto.

Setelah puas berfoto saya pun melanjutkan perjalanan untuk istirahat di homestay sekitar daerah Imogiri, Bantul. Saya menginap di sana dikarenakan dekat dengan spot sunrise atau destinasi saya yang kedua, maka dari itu saya bermalam di homestay dekat sana.

Keesokan harinya waktu sudah menunjukkan pukul 04.30 setelah sholat subuh saya langsung menuju ke destinasi kedua yaitu Puncak Panguk Kediwung Sunrise Point, Bantul, Yogyakarta.

Sesampainya di sana masih tertutup kabut dan matahari belum terbit. Saya pun menunggu di warung terdekat dan memesan minuman hangat.

Tips kalau mau ke sini kalian harus pakai jaket ya karena lumayan dingin. Matahari pun terbit dan kabut pun mulai menghilang dan baru kelihatan indahnya pemandangan dari atas Puncak Panguk.

Di sini kalian dapat berfoto-foto di spot yang telah disediakan dengan membayar 3 ribu rupiah per satu spot. Tempat ini sangat recommended sih menurutku, kalau yang suka dengan alam dan pemandangan yang nyegerin mata.

Sepulang dari sana, saya pun check out dari homestay dan menuju destinasi wisata selanjutnya ke arah Kulonprogo. Waktu yang ditempuh sekitar 1.5 - 2 jam. Perjalanan sangat menantang karena tanjakan dan turunan yang terjal dan harus berhati-hati.

Kemudian sesampainya di Kulonprogo, saya langsung menuju Air Terjun Kembang Soka Kulonprogo. Tiket masuk 3 ribu rupiah, ada tempat parkirnya, kemudian jalan ke bawah menggunakan tangga untuk ke air terjun.

Air terjunnya kalau musim hujan lumayan deras. Terdapat kolam kecil yang jernih dan berwarna biru kalian bisa berenang di sini dan telah disediakan kamar bilasnya.

Waktu di sana saya hanya berfoto-foto saja karena hari sudah mulai sore dan saya harus melanjutkan perjalanan ke Desa Wisata Nglinggo untuk menginap di penginapan yang telah saya pesan.

Perjalanan dari air terjun menuju Desa Wisata Nglinggo sekitar 1 jam. Jalanan menanjak terus harus hati-hati. Mungkin belum banyak orang yang tau Desa Nglinggo ini.

Desa ini terkenal dengan kebun tehnya dan udaranya yang dingin sekali. Kalau kalian mau ke sini saya sarankan menaiki transportasi mobil pribadi. Penginapan di sini juga belum terlalu banyak. tapi saya bisa rekomendasikan penginapan atau homestay rimbono cuma 150 ribu per malam.

Kalau pagi hari kalian dapat berkunjung ke Kebun Teh Nglinggo dan mencicipi teh khas Nglinggo. Kemudian kalian juga dapat menyewa jeep yang disediakan oleh pemilik homestay untuk berkeliling Desa Wisata Nglinggo.

Kalau kalian suka dengan hal-hal yang memacu adrenaline pasti kalian akan menyewa jeep ini. Jadi berikut adalah tempat-tempat yang harus kalian kunjungi kalau berlibur ke Yogyakarta:

1. Taman Bunga Matahari, Pantai Samas Bantul Yogyakarta.
2. Puncak Panguk Kediwung, Bantul Yogyakarta.
3. Air terjun kembang soka, Kulonprogo Yogyakarta.
4. Desa Wisata Nglinggo (Kebun Teh Nglinggo) , Kulonprogo Yogyakarta.

Pokoknya masih banyak lagi tempat-tempat yang bagus di Yogyakarta. Ingat ya traveler, tetap jaga kebersihan dimanapun kalian berada agar tempat seperti ini bisa terus terlestarikan.

Salam holiday!
BERITA TERKAIT
BACA JUGA