Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 07 Des 2019 14:42 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Wisata ke Ikon Ibu Kota Bermodal Rp 50 Ribu Saja

Iin Noer fitriyah
d'travelers
Foto 1 dari 5
Senangnya bisa car free day di sekitar HI dan monas
Senangnya bisa car free day di sekitar HI dan monas
detikTravel Community - Wisata ke ibu kota tidak harus mahal. Bermodal Rp 50 ribu, kita sudah bisa berwisata ke ikonnya Jakarta, yaitu Monas.

Ini adalah moment pada saat aku pertama kali keluar kota naik pesawat sendirian. Aku pernah sekali naik pesawat, tetapi itu dulu dan tidak sendiri namun bersama keluarga.

Mengapa ini merupakan Unforgettable experience menurut aku? Karena di moment aku merasakan betapa beratinya uang Rp 50 ribu. Mengapa demikian? Jadi begini ceritanya.

Dulu aku bekerja sebagai karyawan magang di salah satu bank BUMN di surabaya. Aku baru bekerja. Pada moment ini ada acara nikahan sodara di Jakarta. Ceritanya pengen menyelam sambil minum air gitu. Lumayan kan bisa liburan juga.

Akhirnya aku pesan tiket pesawat yang paling murah kalo gak salah pp Surabaya Jakarta itu sekitar Rp 1,1 juta. Langsung deh pada saat hari H aku cus ke Jakarta. Pada hari H keberangkatan aku persiapkan semuanya. Keperluan pribadi baju dan lain lain, termasuk transport dan uang saku.

Untuk uang saku aku bawa sangat minim sekali karena memang aku belum gajian. Aku bawa Rp 100 ribu. Dengan berbekal uang cepek aku berangkat ke Jakarta. Sampailah aku di bandara Juanda.

Pada saat masuk pintu bandara, tiba-tiba koperku ada yang bawain dan langsung sama bapak bapak itu di pack sedemikian rupa (di plastiki). Di dalam hati aku membatin orang ini kok baik banget.

Setelah selesai ritual pengemasan koper orangnya langsung memberikan kata-kata "Rp 50 ribu mbak". Aku langsung kaget dan baru ngeh kalau ini merupakan jasa bungkus koper. What what uangku uangku minim sekali. Akhirnya aku berikan pecahan 50 ribuan.

Dalam hati aku maki tu orang (aku memang gak berani maki maki langsung). Tanpa ba bi Bu, langsung narik koper dan dibungkus. Sebelnya tuh di sini tau gak pak. Dengan uang 50 ribu aku mulai check in di bandara untuk menuju ke Jakarta.

Berharap tidak ada tambahan biaya seperti airport tax atau lainnya nanti pada saat check in. Karena aku pesan tiket melalui salah satu online travel agent. Bersyukur tidak ada biaya tambahan apa pun. Jadi aku langsung bisa cus ke Jakarta.

Setelah mendarat di Jakarta aku langsung order ojol. Karena pada saat itu sudah booming dompet elektronik akupun tidak perlu mengeluarkan uang tunaiku untuk membayar jasa ojol. Jadi uangku yang 50 ribu masih untuk dan bisa digunakan untuk beli makan nanti pada saat aku balik ke Surabaya nanti.

Sampai di Jakarta aku langsung menjalankan misi utamaku untuk berfoto selfie di icon ibu kota Jakarta yaitu Monas. Sayangnya saya tidak memiliki kesempatan untuk masuk dan explore ke dalam cukup dari luar dan saya cukup senang.

Monas itu jakarta. Jakarta itu indonesia. Monas itu Indonesia. Semoga suatu saat nanti punya kesempatan untuk explore ke dalam.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA