Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 23 Jan 2020 10:38 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Sudah Tahu Sejarah dan Legenda Tangkuban Perahu?

Ria Rahmawati
d'travelers
Foto 1 dari 5
Plang nama Taman Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu
Plang nama Taman Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu
detikTravel Community - Ketika mendengar tempat wisata Tangkuban Perahu akan terbesit kisah Dayang Sumbi dan Sangkuriang yang melegenda. Tidak hanya itu, cantiknya pemandangan kawah Tangkuban Perahu tidak kalah menawan hati.

Seperti dituturkan secara turun temurun bahwa Gunung Tangkuban Perahu memiliki kisah yang melegenda. Dimana Sangkuriang jatuh cinta pada ibunya sendiri, Dayang Sumbi. Untuk menolaknya, Sangkuriang diminta untuk membuat telaga dan perahu.

Namun Dayang Sumbi menggagalkan usaha Sangkuriang tersebut. Sangkuriang yang marah menendang perahu hingga terbalik. Perahu ini yang kemudian membentuk Gunung Tangkuban Perahu.

Secara ilmiah, gunung yang memiliki tinggi lebih dari 2.000 meter ini terbentuk sejak 90.000 tahun lalu di Kaldera Sunda. Gunung Tangkuban Perahu ini juga termasuk gunung yang masih aktif.

Dari sekian banyak aktivitasnya, gunung ini banyak membentuk kawah. Beberapa kawah yang dikenal adalah Kawah Ratu, Kawah Baru, Kawah Domas dan Kawah Upas. Kawah Ratu merupakan kawah terbesar yang banyak dikunjungi wisatawan.

Kawah Ratu bisa dicapai dengan kendaraan tanpa harus berjalan kaki lagi. Bila anda tidak membawa kendaraan, pengelola menyediakan kendaraan yang siap mengantar sampai keatas.

Untuk Kawah Upas bisa dijangkau dengan berjalan kaki dari Kawah Ratu. Kawah Upas juga bisa dijangkau dengan berjalan kaki dari area parkir bawah. Sedangkan Kawah Baru tidak diijinkan untuk didekati karena gas belerangnya yang berbahaya.

Dengan membayar tiket seharga Rp 20.000 -  Rp 30.000 pengunjung sudah bisa menikmati keindahan alam dari legenda Sangkuriang dan Dayang Sumbi. Selamat berkunjung !
BERITA TERKAIT
BACA JUGA