Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 28 Apr 2015 09:50 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Festival Unik di Hong Kong, Ratusan Orang Berebut Bakpao

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Berebut bakpao berbentuk menara (discoverhongkong.com)
Hong Kong - Festival unik memang ada berbagai macam di seluruh dunia. Salah satunya adalah Festival Cheung Chau Bun, festival dari Hongkong ini mempunyai acara utama berebut bakpao keberuntungan dari menara bakpao setinggi 14 meter.

Festival Cheung Chau Bun telah menjadi tradisi yang dilakukan oleh masyarakat daerah Cheung Chau sejak ratusan tahun silam. Menurut situs resmi pariwisata Hong Kong yang dilihat detikTravel, Selasa (28/4/2015) festival ini jatuh pada hari ke-5 hingga hari ke- 9, pada bulan keempat kalender China.

Kisah awal mula diadakannya festival ini dimulai sejak dari Dinasti Qing (1644-1911). Pada waktu itu, penduduk Cheung Chau menderita wabah penyakit yang tak kunjung usai. Untuk mengatasinya mereka memutuskan untuk mengadu kepada Dewa Pak Tai.

Para penduduk pulau akhirnya membuat altar pemujaan di depan kelenteng Pak Tai dan meminta Dewa Pak Tai mengusir arwah jahat yang menyebabkan wabah di wilayah Cheung Chau. Mereka sembari mengarak patung dewa-dewa hingga ke penjuru tempat.

Wabah di Cheung Chau pun berakhir, setelah parade itu diakhiri oleh pertunjukan ritual Taoisme. Ratusan tahun kemudian, ritual dan festival ini masih terus dilakukan sebagai bagian dari warisan kebudayaan Tiongkok yang sangat luhur.

Setiap tahun, festival ini selalu dipadati turis maupun penduduk lokal Hong Kong yang penasaran akan rangkaian acara festival bakpao ini. Festival ini juga menjadi momen bagi penduduk Cheung Chau yang telah lama merantau ke luar daerah untuk mudik dan melihat festival kebanggaan di daerah asalnya.

Selain ada acara perebutan bakpao keberuntungan dari menara yang terbuat dari bakpao setinggi 14 meter, akan ada pertunjukan barongsai, musik, tari-tarian tradisional dan parade kostum dewa-dewa selama 5 hari penuh.

Tahun ini festival Cheung Chau Bun akan digelar pada tanggal 22-26 Mei 2015. Traveler yang penasaran bisa langsung meluncur ke Hongkong untuk melihat keseruan acaranya!

(rdy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA