Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 07 Jan 2016 15:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Vietnam Punya Gua Terbesar di Dunia, Lebih Luas Dari Stadion Bola

Gua Son Doong, gua terbesar di dunia (Getty Images)
Hanoi - Vietnam menyimpan destinasi alam mengagumkan berupa gua terbesar di dunia. Saking luasnya, gua ini punya hutan sendiri dan lebih luas dari stadion bola.

Keajaiban alam memang selalu mengundang decak kagum siapa saja yang menyaksikannya. Begitu pula yang dirasakan wisatawan, saat berkunjung ke Gua Son Doong yang terletak di dalam kawasan Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang, di Truong Son, Provinsi Quang Binh, Vietnam. Jaraknya 500 km dari Hanoi ke arah selatan.

Dilansir dari situs pariwisata Vietnam, Kamis (31/12/2015) Gua Son Doong termasuk ke dalam salah satu daftar 20 gua yang sudah ditemukan di dalam kawasan Taman Nasional tersebut. Namun istimewanya, dari ke-20 gua tersebut, Son Doong merupakan gua yang terbesar.

Bahkan, gua ini dinobatkan oleh British Cave Research Association sebagai gua terbesar di dunia. Ruangan terbesarnya sendiri mencapai panjang 5 km, tingginya 200 meter, dan lebar 150 meter. Luasnya saja sudah seperti sebuah kota tersendiri, namun letaknya saja yang berada di dalam tanah.


(Getty Images)

Gua Son Doong ditemukan oleh warga setempat pada tahun 1991. Saat ditemukan, mereka mendengar suara-suara aneh dari dalam gua. Namun begitu diteliti, ternyata itu adalah suara sungai bawah tanah yang mengalir deras di dalam gua.

Gua Son Doong juga punya hutan sendiri yang terletak di bagian dalam. Banyak jenis tumbuhan yang diketahui telah bertahan hidup di sana sejak ratusan tahun silam. Tentu saja itu menjadi obyek yang menarik untuk diteliti para ilmuwan.

Lebih menariknya lagi, untuk menuju ke gua ini traveler mesti menuruni mulut gua dengan menggunakan tali. Dinding guanya sendiri tingginya sebanding dengan gedung 40 lantai.

Bisa dibayangkan kan betapa besarnya gua ini. Traveler petualang sejati wajib berkunjung ke gua raksasa di Vietnam ini satu saat nanti.


(Getty Images)

(rdy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA