Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 11 Agu 2016 15:58 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Air Terjun Super Keren Pemisah Argentina dan Brasil

Wahyu Setyo Widodo
Redaksi Travel
Air terjun Iguazu yang keren di perbatasan Argentina-Brasil (Thinkstock)
Air terjun Iguazu yang keren di perbatasan Argentina-Brasil (Thinkstock)
Foz do Iguacus - Siapa sangka, 2 negara bertetangga yaitu Argentina dan Brasil punya batas negara yang super keren. Air Terjun Iguazu, memisahkan antara 2 negara penggila bola itu.

Brasil dan Argentina memang kerap berseteru di bidang sepakbola, namun di bidang lain kedua negara ini tampak adem ayem saja, terutama soal batas negara. 2 Negara ini bahkan berbagi air terjun di perbatasan, namanya Air Terjun Iguazu.

Menurut informasi yang dihimpun detikTravel, Kamis (11/8/2016), Air Terjun Iguazu ini terletak di perbatasan Argentina dan Brasil. Tepatnya di Provinsi Misiones, Argentina dan negara bagian Parana di Brasil.

Iguazu bisa ditempuh selama 4,5 jam berkendara mobil dari Kota Posadas, ibukota Provinsi Misiones di Argentina. Jika liburan ke Brasil, waktu tempuh ke air terjun ini lebih panjang, sekitar 8 jam dari Curitiba, ibukota Parana.

Nama Iguazu sendiri berasal dari bahasa Tupi-Guarani yang kerap digunakan penduduk Amerika Selatan, terutama di bagian timur laut Argentina dan Barat Daya Brasil. Jika dipisahkan suku katanya mengandung makna 'y' yang artinya air, dan 'uasu' yang berarti besar. Jadi, Iguazu adalah air mengalir yang sangat besar.

Air Terjun Iguazu di perbatasan Argentina dan Brasil (Thinkstock)


Tidak salah memang Iguazu diberikan nama seperti itu. Jika dilihat dari penampakannya, Iguazu memang berukuran sangat besar. Bahkan, bisa dibilang raksasa! Bayangkan saja, debit air yang mengalir di air terjun ini mencapai 300 meter kubik per detiknya!

Sistem air terjun Iguazu dan sungai yang mengalir di bagian hulu dan hilirnya disebut-sebut sebagai yang terbesar di dunia. Air terjun ini membagi sungai Iguazu menjadi 2 aliran, yaitu bagian hulu dan hilir. Bagian hulunya berada di dekat Kota Curitiba di Brasil, dan mengalir sampai ke bagian hilir di Sungai San Antonio, Argentina.

Aliran air dari Sungai Iguazu jatuh tepat di tepi tebing, dan membentuk beberapa sistem air terjun dengan ketinggian yang bervariasi, dari mulai 60-82 meter. Diameternya sendiri membentang sepanjang kurang lebih 2,7 Kilometer.

Ada juga bagian air terjun yang disebut sebagai Devil's Throat alias 'Tenggorokan Setan'. Tenggorokan setan ini berupa aliran air berbentuk 'U' yang sempit dan deras, diameter antara 150-170 meter.

Air terjun ini punya Devil's Throat (Ron von Oers/UNESCO)


Legenda menyebutkan, dahulu di Iguazu hiduplah seorang dewa yang ingin menikahi wanita cantik bernama Naipi. Namun, Naipi tidak bersedia dan menolak dewa tersebut. Naipi memilih kabur bersama Taroba, kekasih pilihan hatinya yang sama-sama manusia.

Sang dewa pun marah, dia pun membelah aliran Sungai Iguazu menjadi 2. Air Terjun Iguazu pun terbentuk. Konon, Air Terjun Iguazu ini adalah perwujudan dari pasangan kekasih Naipi dan Taroba yang dikutuk oleh Dewa yang ditolak cintanya oleh Naipi tersebut.

Air terjun cantik ini punya legenda juga (Vincent Ko Hon Chiu/UNESCO)


Terlepas dari legenda tersebut, Air Terjun Iguazu memang punya pemandangan yang cantik jelita. Di sekitarnya, pemandangan hijau berupa hutan hujan tropis masih terjaga dengan baik. Kawasan di sekitar Air Terjun Iguazu memang ditetapkan sebagai kawasan Taman Nasional agar air terjun cantik ini tetap terjaga kondisinya.

UNESCO pun telah menetapkan Air Terjun Iguazu sebagai salah satu World Heritage List. Keajaiban alam di Iguazu menjadi rumah bagi kurang lebih 2.000 spesies flora dan fauna khas Amerika Latin, seperti Jaguar, Howler Monkeys sampai Buaya Cayman.

Jika traveler menyadari, Air Terjun Iguazu ini sering muncul di dalam film Hollywood juga lho. Iguazu pernah menjadi lokasi syuting film Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skull di tahun 2008, sampai yang terbaru yaitu muncul di film Captain America: Civil War (2016).

Air terjun Iguazu kerap dijadikan lokasi syuting film Hollywood (Thinkstock)



(wsw/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: Serasa Melayang di Atas Air

Sabtu, 21 Okt 2017 11:40 WIB

Bermain kayak, biasanya dilakukan di sebuah danau yang biasa-biasa saja. Namun kalau kayaknya bening dan airnya jernih, serasa sedang melayang saja!