Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 19 Jan 2017 15:35 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Mau Coba Wisata Malam ke Penjara Terseram di Dunia?

Alcatraz di kala malam (Thinkstock)

FOKUS BERITA

Wisata Malam
San Fransisco - Pulau Alcatraz di San Francisco, AS menjadi penjara terseram di dunia. Menariknya lagi, tersedia tur buat traveler yang ingin menjelajahinya di malam hari.

Sekitar 2,1 km dari pesisir San Francisco, California, AS, ada sebuah pulau kecil yang melegenda. Itulah Pulau Alcatraz, tempat berdirinya bekas penjara yang dulunya disebut-sebut sebagai yang terseram.

Ditengok detikTravel dari situs Alcatraz Cruises, penyedia layanan resmi wisata ke Alcatraz, Kamis (19/1/2017), pulau ini dulunya adalah markas militer. Kemudian dijadikan penjara yang beroperasi pada tahun 1934 hingga 1963.

Penjara tersebut memiliki tingkat keamanan terbaik pada masanya. Selama beroperasi sekitar 29 tahun, napi-napi yang mendekam di sana diklaim tak pernah ada yang berhasil kabur.

Yang mendekam di penjara Alcatraz adalah penjahat kelas kakap, seperti Al Capone, Robert Franklin Stroud serta Alvin 'Creepy' Karpis. Alvin 'Creepy' Karpis yang merupakan seorang gangster, menjadi yang paling lama menghuni penjara Alcatraz. Ia mendekam di sana selama 26 tahun.

(Thinkstock)(Thinkstock)
Walaupun menjadi penjara dengan kemanan terbaik pada masa itu, karena masalah dana operasional yang besar dan lain sebagainya, penjara Alcatraz pun ditutup. Sekitar tahun 1980 Alcatraz terbuka untuk publik dan tahun 1986 ditetapkan menjadi landmark nasional AS.

Hingga sekarang, tersedia tur untuk wisatawan yang penasaran dengan Alcatraz. Untuk mencapai pulau ini, turis tinggal naik kapal dari Pier 33 di San Francisco. Tak hanya siang, tur di sana saat malam hari pun bisa.

Tur di malam hari ini memang ngeri-ngeri seru. Berkunjung di bekas penjara pada siang hari saja terkadang terasa menyeramkan, apalagi saat malam tiba yang bisa jadi makin menambah suasana sendu dan horor. Sejumlah program spesial pun hanya disediakan untuk traveler yang berani tur di Alcatraz saat malam.

(Thinkstock)(Thinkstock)
Wisatawan akan diajak melihat sunset cantik dulu dengan siluet Golden Gate Bridge yang terkenal. Kemudian berkeliling sekitar pulau dengan naik kapal. Mercusuar dan bangunan bekas penjara pun terlihat berdiri kokoh dari atas kapal.

Tur tidak selesai sampai di situ saja. Wisatawan juga akan diajak menginjakkan kaki langsung di dalam bangunan yang dulunya digunakan sebagai penjara. Sebagian besar bangunan ini memang masih utuh.

Sel-sel yang dulunya ramai, kini sepi tak bertuan. Selagi berkeliling, pemandu akan menceritakan berbagai hal menarik tentang penjara ini. Secara keseluruhan tur malam hari akan menghabiskan waktu 2,5 jam.

Untuk bisa ikut tur ini, traveler harus reservasi terlebih dahulu. Tur tersedia setiap Kamis sampai Senin, dengan biaya USD 42,5 per orang (Rp 568 ribu).

(Thinkstock)(Thinkstock)
(rdy/fay)

FOKUS BERITA

Wisata Malam
BERITA TERKAIT
BACA JUGA