Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 18 Mei 2017 16:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Jangan Berenang di Danau Mengerikan Ini, Airnya Mendidih!

Shinta Angriyana
Redaksi Travel
Boiling Lake yang ajaib di Dominika (Thinkstock)
Boiling Lake yang ajaib di Dominika (Thinkstock)

FOKUS BERITA

Danau Ajaib Dunia
Roseau - Dominika di Karibia, punya danau ajaib. Airnya panas mendidih. Jangan nekat berenang di sana!

Dominika terletak di Kepulauan Karibia. Kepulauan ini memang terkenal akan keindahan alam seperti laut dan danau. Bahkan juga terdapat perbukitan hijau yang cantik nan asri. Tetapi, salah satu yang unik juga ada di sini. Contohnya seperti Boiling Lake atau Danau Mendidih.

Boiling Lake terletak di kawasan Taman Nasional Morne Trois Pitons, 40 km dari ibukota Roseau, dimana sebenarnya ini merupakan danau vulkanik. Boiling Lake terbentuk dari hasil letusan gunung api zaman dahulu, yang disinyalir aliran magma yang kuat di dasar tanah.

Dilansir detikTravel dari berbagai sumber, Boiling Lake memiliki panjang 61 meter dengan lebar 76 meter, kedalamannya pun mencapai 60 meter. Bahkan, Boiling Lake juga termasuk ke dalam 'The World's Weirdest Water Features'. Ini dikarenakan permukaan air di danaunya mendidih dan mengeluarkan asap yang tebal.

Boiling Lake di Dominika (UNESCO)Boiling Lake di Dominika (UNESCO)

Faktanya, di Taman Nasional Morne Trois Pitons masih terdapat sumber mata air dan gunung-gunung berapi yang aktif. Termasuk Boiling Lake, yang suhunya berkisar 80-90 derajat celcius. Pada saat ditemukan oleh penjelajah Inggris yaitu Edmund Watt dan Henry Alfred Alford Nicholls pada tahun 1870, suhunya juga masih tetap sama dan stabil.

Saking panasnya, asap menggumpal di sekitar danau. Hawa panasnya sangat terasa apabila sedang berada di dekat Boiling Lake. Maka dari itu juga turis dilarang untuk menyentuh air danau.

Meskipun mengerikan, pemandangan di sekelilingnya sangatlah indah dengan tebing-tebing di sekitarnya. Tidak heran jika pada tahun 1997, UNESCO menobatkan Taman Nasional Morne Trois Pitons termask Boiling Lake di dalamnya sebagai Situs Warisan Dunia.

Pemandangan di sekitar danau (UNESCO)Pemandangan di sekitar danau (UNESCO)

Apabila ingin berkunjung ke sini, traveler dapat menjangkau dari Roseau, ibukota negara Dominika ke taman nasional yang berjarak 40 km. Namun untuk tiba di danaunya, harus trekking masuk ke dalam hutan selama 4 jam lebih lamanya.

Tidak perlu takut apabila ingin berkunjung kesini dengan aman, karena terdapat beberapa agen perjalanan yang dapat membantu dilengkapi dengan standar keamanan yang terjamin seperti Sweet Dominica, Discover Dominica, Avirtual Dominica hingga Khatts Tour.

(rdy/fay)

FOKUS BERITA

Danau Ajaib Dunia
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED

Kebun Binatang Mini ala Ancol

Senin, 23 Okt 2017 09:30 WIB

Selain wahana permainan, Ancol juga punya wisata edukasi tentang binatang. Berada di Faunaland, kamu bisa belajar tentang hewan-hewan langka dunia.