Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 14 Sep 2017 12:50 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Bandara yang Pesawatnya Mendarat di Es

Ahmad Masaul Khoiri
Redaksi Travel
Landasan di Union Glacier, Antartika (Dok. Antarctic Logistics & Expeditions)
Landasan di Union Glacier, Antartika (Dok. Antarctic Logistics & Expeditions)

FOKUS BERITA

Bandara-bandara Unik
Union Glacier - Tahukah traveler jika diselatan bumi, Antartika ada bandaranya? Inilah Union Glacier, bandara unik yang punya landasan pacu berupa es.

Dihimpun detikTravel dari berbagai sumber, Kamis (14/9/2017), pada akhir November 2015 lalu telah dipecahkan sejarah penerbangan terjauh dunia. Yakni sebuah pesawat komersial Boeing 757 mendarat di benua es!

Diawaki kru Loftleidir Icelandic menjadi orang pertama ke Antartika. Penerbangan ini kerjasama antara Antarctic Logistics & Expeditions (ALE), Loftleidir Icelandic, dan NAS Corporation Limited (NAS) yang juga membawa turis di dalamnya.

Pesawat itu mendarat di Union Glacier yang memiliki landasan pacu biru. Bandara itu terbentuk dari salju yang jatuh ke gletser kemudian dipadatkan lalu terjadi kristalisasi. Meski bukan pesawat pertama yang pernah mendarat di landasan pacu, namun inilah pesawat penumpang pertama yang melakukannya.

Bandara yang Pesawatnya Mendarat di EsMendarat di atas es (Dok. Antarctic Logistics & Expeditions)

Biasanya, penerbangan antar benua yang mengangkut penumpang dan kargo berawal dari Punta Arenas, Cile, menuju ke kamp utama ALE di Union Glacier. Penerbangan perdana ini dilakukan untuk membuktikan kelayakan pendaratan penumpang komersial di Union Glacier.

ALE sendiri telah lama tertarik memanfaatkan pesawat penumpang konvensional di wilayah ini. Hal itu mengingat bahwa perusahaan tersebut dapat mengangkut antara 400-500 pengunjung ke Antartika di satu musimnya.

Bandara yang Pesawatnya Mendarat di Estak sedikit wisatawan yang mendarat di sini (Dok. Antarctic Logistics & Expeditions)

Ambisi perusahaan ini agar jangkauan pesawatnya bisa mendarat di gletser dan dapat memfasilitasi pengalaman wisata sekali seumur hidup bagi mereka yang menginginkannya.

Untuk diketahui bahwa penerbangan ke Kutub Selatan ini bukanlah yang pertama dilakukan oleh perusahaan tersebut. Namun, ALE adalah yang pertama membangun landasan bandara di benua es Antartika juga sebagai operator tur pertama yang menerbangkan traveler ke sana. (rdy/aff)

FOKUS BERITA

Bandara-bandara Unik
BERITA TERKAIT
NEWS FEED