Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 13 Nov 2017 14:10 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Apa Hubungannya Madinah dengan Mdina?

Foto: (Angga/detikTravel)
Foto: (Angga/detikTravel)
Mdina - Mdina merupakan nama kota di Malta, suatu negara kecil di Eropa. Apakah ada hubungannya dengan Madinah, kota di Arab Saudi?

detikTravel beberapa waktu lalu berkesempatan melancong ke Malta. Malta merupakan suatu negara kecil di Eropa bagian selatan yang berbatasan dengan bagian utara Afrika. Luas negaranya cuma 300 km persegi.

BACA JUGA: Negeri Malta yang Unik, Seperti Campuran Arab dan Eropa

Satu hal yang mencuri perhatian di Malta adalah suatu kota bernama Mdina. Kota yang berjarak 20 menit naik mobil dari Valletta, ibukota negara Malta. Dari namanya saja pasti kamu sudah dibuat bertanya-tanya. Itu benar namanya Mdina? Kok mirip banget sama nama kota Madinah di Arab Saudi?

Sayang, tidak ada pemandu wisata kala itu yang dapat detikTravel tanya. Namun jika mencari informasi tentang Mdina di beberapa website pariwisata seperti Visit Malta atau Malta.com, terampang deskripsi tentang Mdina.

Bangunan-bangunan tua di MdinaBangunan-bangunan tua di Mdina Foto: (Angga/detikTravel)

Dua situs tersebut menulis tentang Mdina yang memiliki banyak bangunan tua bersejarah. Bangunan-bangunan dari abad pertengahan seperti deretan kastil, masih indah dan terawat. Mdina pun sudah masuk dalam antrean UNESCO World Heritage Sites.

Tapi... tidak ada yang menjelaskan apakah ada hubungannya antara Mdina dan Madinah?

Apa Hubungannya Madinah dengan Mdina?Foto: (Angga/detikTravel)
Tentu saja, penulisan nama Mdina bukanlah suatu kesalahan (typo). Website Visit Malta menulis kalau Mdina memiliki arti 'The Noble City' yang dalam bahasa Indonesianya Kota yang Suci. Toh Madinah di Arab Saudi sana juga memiliki artian yang sama. Madinah adalah kota yang disucikan umat Muslim.

detikTravel mencari penelusuran lebih dalam di internet. Khaled Diab, seorang penulis di rubrik Opinion pada The Guardian pernah membahas tentang sejarah peradaban Malta. Dia menuliskannya di tahun 2010 silam.

Usut punya usut, pada abd ke-8 umat Muslim pernah menetap di Malta. Mereka datang Tunisia, Aljazair dan Mesir. Tak heran, sebab Malta bisa dibilang strategis sebagai 'pintu masuk' ke Eropa.

Apa Hubungannya Madinah dengan Mdina?Foto: (Angga/detikTravel)
Kemudian di abad pertengahan, Malta jatuh di tangan Kekaisaran Romawi. Malta tetapi bisa dikuasi kembali oleh Kekhalifahan Utsmaniyah atau era Ottoman dari Turki. Akan tetapi lagi-lagi, Malta kembali ke tangan Kekaisaran Romawi. Kemudian berlanjut, Malta dikuasi oleh Kerajaan Inggris.

Hingga akhirnya waktu terus berlalu, Malta memerdekan diri pada tahun 1974. Nama Mdina pun tidak diubah semenjak dari awal, tetap Mdina sampai sekarang. Sebenarnya ada beberapa masjid dulunya di sana, namun sudah diubah menjadi kastil-kastil. Bahkan nama Rabat, desa tetangga dari Mdina sebenarnya merupakan nama kota di Maroko, Afrika.

Meski begitu, Mdina sudah kepalang tanggung dikenal sebagai 'The Silent City'. Kota yang tenang, cuma 300-an orang penghuninya, dipenuhi bangunan tua dan sedikit kendaraan bermotor. Begitu tenang, setenang sejarahnya. (aff/aff)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: Melihat Liburannya 'Superman'

Selasa, 21 Nov 2017 23:44 WIB

Henry Cavill, pemeran Superman ternyata suka traveling. Di sela kesibukannya main film, dia menyempatkan berkunjung ke beberapa negara. Begini gayanya.