Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 16 Mar 2018 16:55 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Aneka Museum Terpencil di Dunia, Siapa yang Mau ke Sana?

Kurnia Yustiana
detikTravel
Foto: Museum Port Lockroy, Antartika (alanaxelrod/Instagram)
Foto: Museum Port Lockroy, Antartika (alanaxelrod/Instagram)

FOKUS BERITA

Tempat Terjauh di Bumi
Skogar - Bicara soal terpencil, tak cuma buat destinasi wisata alam saja. Museum pun banyak yang didirikan di tempat terpencil di berbagai belahan dunia.

Wisata museum kebanyakan berada di kawasan kota yang mudah dicapai. Namun ada pula museum yang butuh perjuangan buat dikunjungi, karena lokasinya yang begitu terpencil. Dirangkum detikTravel dari berbagai sumber, Jumat (16/3/2018) berikut ini 5 museum yang letaknya terpencil di berbagai negara:

1. Museum Skogar Folk, Islandia
(Visit South Iceland)(Visit South Iceland)
Setelah puas menikmati alam Islandia, cobalah wisata Museum Skogar di Skogar, Islandia. Lokasinya sekitar 150 km dari Reykjavik. Museum yang dibuka tahun 1949 ini berada di perbukitan hijau dengan tiga bangunan.

Ketiga bangunan berbentuk Turf, rumah tradisional Islandia. Nah museum ini punya tiga tema berbeda. Yang pertama, ada museum rakyat yang memajang berbagai peralatan memancing dan bertani di zaman Viking. Kemudian ada museum dengan koleksi yang membuat traveler serasa kembali ke kehidupan warga Islandia di berabad-abad lalu.

Satu lagi ada museum transport, yang isinya soal perkembangan teknologi dan transportasi Islandia di abad ke-19 dan 20. Di sin ijuga tersedia toko suvenir dan kafetaria untuk wisatawan.

2. Museum World Mammoth & Permafrost, Rusia
(Lesser Architecture)(Lesser Architecture)
Seperti namanya, Museum World Mammoth & Permafrost memungkinkan pengunjungnya mempelajari dan mengetahui lebih banyak tentang mammoth. Museum ini terletak di sisi timur Siberia, tepatnya di Kota Yakutsk.

Tak mudah mencapai museum ini, kawasan sekelilingnya berlapis salju kala musim dingin. Namun setibanya di sana pastinya bisa mendapat pengalaman sebanding. Meski terpencil, museum ini memiliki fasilitas yang sangat modern. Pengunjung bisa mengenal seluk beluk kehidupan dan tubuh mammoth melalui tampilan museum yang menarik.


3. Museum Ordos, Mongolia
(rui1908/Instagram)(rui1908/Instagram)
Di tengah Gurun Gobi yang luas, berdiri Museum Ordos. Museum ini berada di Kangbashi, Kota Ordos, Mongolia. Walaupun jauh dari pusat kota, bangunan museum tetap menarik. Desain dibuat oleh perusahaan arsitek China, MAD, yang terinspirasi dari Gurun Gobi dan karya dari Buckminster Fuller.

Museum Ordos memajang koleksi yang menceritakan sejarah Ordos dan sekitarnya. Isi museum tersebut mewakili China di masa dahulu dan masa kini.

4. Museum James Turrell, Argentina
(martinabohn/Instagram)(martinabohn/Instagram)
Traveler dapat menemukan museum yang didedikasikan buat seniman kontemporer Jamess Turrell di Colome, Provinsi Salta, Argentina. Museum James Turrell di sini adalah properti dari The Hess Art Collection dan mulai dibuka tahun 2009. Lokasinya memang tak biasa, di tengah perkebunan anggur.

Ini menjadi museum pertama di dunia yang memajang banyak karya James Turrell. Koleksinya dikhususkan untuk tema cahaya dan ruang. Aneka koleksi karya James Turrell ini memang begitu keren, dan sayang untuk dilewatkan.


5. Museum Port Lockroy, Antartika
(alanaxelrod/Instagram)(alanaxelrod/Instagram)
Wisata museum terpencil juga bisa dilakukan di Antartika lho. Di antara pegunungan bersalju dan lahan yang berlapis salju, ada Museum Port Lockroy. Tepatnya di pesisir Pulau Wiencke, Kepulauan Palmer.

Museum Port Lockroy dibangunan di bekas markas militer Perang Dunia II. Bangunannya berupa sepetak rumah sederhana yang di sekelilingnya berlapis salju. Tidak jarang banyak penguin mondar-mandir di sekitar museum ini. Letaknya cukup terisolasi, tak ada lagi bangunan lain di dekat museum.

Walaupun jauh, Museum Port Lockroy digemari juga oleh traveler. Selama di museum pengunjung bisa melihat koleksi barang-barang para tentara yang pernah menghuni tempat ini. Selain itu juga berjumpa dengan penguin-penguin gemas yang hidup di Antartika. (krn/fay)

FOKUS BERITA

Tempat Terjauh di Bumi
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED