Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 11 Mei 2018 21:55 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Terbengkalai, Situs Warisan Dunia ini Justru Jadi Paling Indah

Bona
detikTravel
Komplek candi Hampi yang terbengkalai tapi juga cantik (neer991/Instagram)
Komplek candi Hampi yang terbengkalai tapi juga cantik (neer991/Instagram)
Jakarta - Komplek candi Hampi di India merupakan sisa Kekaisaran Vijayanagar. Pernah terbengkalai, situs warisan dunia ini punya sumur cantik yang keramat.

Hampi merupakan komplek candi yang setengah hancur di Karnataka, India. Pernah jadi tempat tinggal bagi 250.000 orang di jaman Kekaisaran Vijayanagar, tempat ini dipenuhi dengan kuil-kuil hindu, seperti yang dikumpulkan detikTravel, Jumat (11/5/2018), dari berbagai sumber.

Di antara reruntuhan Hampi, ada sumur atau bendungan air keramat yang biasa disebut Pushkarani. Walaupun berada ribuan mil dari kota, tapi sumur-sumur ini dianggap sebagai bagian dari Sungai Gangga. Padahal, sumur-sumur ini ditampung dari Sungai Tungabhadra.

Bentuk dari sumur-sumur ini pun bisa dibilang luar biasa indah. Berbentuk kotak, sumur ini diberi banyak anak tangga yang berbentuk piramid.

Sumur ini keramat lho! (kittakatti_/Instagram)Sumur ini keramat lho! (kittakatti_/Instagram) Foto: (Instagram)


Jumlah anak tangganya ratusan. Di lihat dari berbagai sisi, sumur ini jadi sudut paling instagenik di Hampi. Hasilnya, Hamdi menjadi salah satu Situs Warisan Dunia yang paling indah di dunia!

Walaupun berjumlah ratusan, namun anak tangga sumur ini dibuat untuk mempermudah siapa pun yang masuk atau keluar dari sumur bersamaan.

Ada pula sumur keramat yang dikelilingi dengan pilar-pilar megah. Traveler yang menginjakkan kaki di sini akan dibuai dengan pemandangan magis yang luar biasa indah.

Sumur-sumur hanya digunakan pada acara keagamaan. Misalnya untuk ritual mandi dan pembersihan sebelum berdoa. Selain itu, sumur juga digunakan untuk keperluan ritual saat festival Dewa Ganesha atau biasa disebut ritual visarjan.

Sumur instagenik (oblikss/Instagram)Sumur instagenik (oblikss/Instagram)


Masih berada di komplek candi Hampi, traveler juga bisa melihat Badavi Shivalinga. Ini adalah Shivalinga atau kuil kecil yang menjadi manifestasi dari Dewa Shiwa.

Tempatnya cukup unik karena berada di bawah tanah dan berada di atas kolam. Dalam ritualnya, hanya imam kuil yang berwenang untuk memanjat, menaburkan bungan dan melakukan pooja di Shivalinga.


Komplek candi ini cukup luas. Traveler bisa berburu foto-foto keren dibalik bangunan-bangunan di komplek candi ini.

Bangunan yang fotogenik (ajay_govardhan/Instagram)Bangunan yang fotogenik (ajay_govardhan/Instagram)

Traveler yang sudah bosan dengan Taj Mahal, bisa memilih Hampi sebagai destinasinya. Selain melihat bangunan-bangunan cantik, ada pula wisata perahu jadul yang berbentuk bulat dan melihat gajah. Sama-sama jadi situs warisan dunia dan juga cantik!

(bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED