Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 06 Jul 2018 19:10 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Negara Kecil di Eropa yang Gratiskan Transportasi Umum

Tallinn di Estonia (Visit Estonia)
Tallinn - Estonia adalah negara kecil di Eropa. Mungkin, juga bakal jadi negara pertama yang menggratiskan transportasi umum untuk warganya.

Estonia adalah negara seluas 45 ribu kilometer persegi di Eropa Utara. 5 Tahun lalu, tepatnya di tahun 2013, ibu kota Estonia Tallinn mulai mengenalkan transportasi publik gratis untuk warganya.

Kebijakan ini diambil setelah pemerintah kota setempat mengadakan pemungutan suara. 75% warga setuju akan rencana Pemerintah Kota Tallinn menggratiskan transportasi publik, baik itu bus, trolley bus, tram, hingga kereta.

Dihimpun detikTravel dari beberapa sumber, Jumat (6/7/2018), yang orang-orang perlu lakukan hanyalah membayar sebesar 2 Euro (sekitar Rp 33 ribu) untuk mendapat 'Green Card' dan terdaftar sebagai penduduk Kota Tallinn. Setelah itu, baru traveler bisa menikmati layanan gratis ini.

"Tidak ragu lagi, kita tidak hanya mengcover biaya, tapi juga malah mendapat surplus keuntungan. Kami meraih keuntungan dobel dari biaya yang kami keluarkan untuk membuat transportasi publik ini. Kami senang ada banyak orang yang mendaftar sebagai warga Tallinn untuk menikmati layanan ini," kata Allan Alakula, Kepala Kantor Tallinn European Office seperti dikutip dari media PopUp City.

BACA JUGA: Pernah Dengar Penjara Underwater? Beneran Ada di Estonia

Ternyata skema ini begitu populer, sampai-sampai Pemerintah Estonia berencana untuk menerapkan kebijakan ini ke seluruh penjuru negeri, tak cuma di ibu kota Tallinn saja.

Mulai Minggu (1/7) pekan lalu, setiap daerah di Estonia bisa mengimplementasikan kebijakan transportasi publik gratis ini ke semua orang, selama 24 jam sehari dan dalam 7 hari seminggu.

Beberapa kota di Prancis dan Jerman sudah berencana untuk menerapkan kebijakan serupa agar mengurangi polusi dan kemacetan lalu lintas. Wales pun sedang menguji coba 'Weekend Bus', bus gratis yang dioperasikan tiap akhir pekan.

Tapi jika kebijakan ini berjalan sukses, Estonia akan menjadi negara pertama di dunia yang menggratiskan transportasi umum untuk warganya.

Masalahnya, tidak semua 15 daerah (county) di Estonia menerima tawaran itu. Padahal skema gratis ini sudah dipersiapkan untuk mengcover area yang lebih luas. Daerah-daerah ini pun terancam tidak mendapat anggaran untuk transportasi publik. (rdy/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA