Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 02 Mei 2019 08:45 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Haru Biru Cerita Pelindung Lynx, Kucing Langka Hampir Punah

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Lynx Balkan, Makedonia Utara (CNN Travel)
Skopje - Lynx Balkan merupakan kucing liar paling langka sedunia. Dibumbui cerita mengharukan, satu pelindungnya kini diganjar penghargaan lingkungan.

Dilansir CNN Travel, Kamis (2/5/2019), Lynx menjadi simbol nasional Makedonia Utara dan muncul pada koin lima dinar negara itu. Sedikitnya hanya ada 20 lynx dewasa yang masih berkeliaran di pegunungan dan hutan alpine Balkan barat daya.

Jadi satu-satunya tempat yang mereka kenal untuk berkembang biak, bernama Taman Nasional Mavrovo. Adalah daerah yang terkenal akan ngarai, padang rumput dan air terjun yang epik di utara perbatasan Makedonia dengan Albania dan Kosovo.

Karena habitatnya yang semakin terancam, Ana Colovic Lesoska menghabiskan tujuh tahun berkampanye melindunginya. Ia melawan dua pembangkit listrik tenaga air yang direncanakan untuk dibangun di taman nasional itu.

Dia meluncurkan petisi, menggemakan opini oposisi ke publik dan menantang bank internasional atas keterlibatan mereka. Hari ini, karyanya telah diakui oleh Goldman Environmental Prize sebagai aktivis akar rumput.

Haru Biru Cerita Pelindung Lynx, Kucing Langka Hampir PunahAna Colovic Lesoska (CNN Travel)

Setiap tahun, hadiah itu menghadiahi enam pelopor lingkungan. Satu dari setiap benua, sering kali yang diganjar ini harus menghadapi risiko besar karena berjuang melindungi lingkungan mereka.

Lesoska (39) dibesarkan di Skopje, Makedonia Utara, mengatakan dia mengalami intimidasi dan ancaman terhadap hidupnya selama berkampanye. Dia bahkan pergi kampanye ke rumah penduduk di pegunungan saat kandungan anak keduanya berumur tujuh bulan.

Perjuangan dimulai pada 2010, ketika perusahaan listrik milik negara ELEM mengusulkan pembangunan dua pembangkit listrik tenaga air di Taman Nasional Mavrovo. Keduanya telah menarik dana yang signifikan dari bank pembangunan internasional, satu pabrik senilai USD 72 juta dari Bank Eropa untuk Penelitian dan Pengembangan (EBRD) dan USD 70 juta lainnya dari Bank Dunia.

Para konservasionis khawatir mereka akan merusak keanekaragaman hayati Taman Nasional Mavrovo. Daerah terlindung 450 km persegi ini adalah rumah bagi lebih dari 1.000 varietas tanaman, serigala, beruang, rajawali emas, berang-berang, spesies trout langka, serta lynx Balkan.

Dime Melovski, dari Masyarakat Ekologi Makedonia (MES), mengatakan bahwa bendungan itu memiliki efek kumulatif negatif terhadap populasi lynx karena mengganggu habitat mereka. Akibatnya, membuat mereka lebih mudah diburua pemburu liar dan mengganggu pemeliharaan anak kucing.

Haru Biru Cerita Pelindung Lynx, Kucing Langka Hampir PunahFoto: (CNN Travel)


Sebagai ahli biologi, Lesoska telah bekerja untuk berbagai kelompok konservasi dan pada tahun 2002, ia mendirikan pusat penelitian lingkungannya sendiri, Eko-Svest. Dia mulai berkolaborasi dengan LSM lokal lainnya, seperti Front 21/42 dan MES yang kemudian menjadi kampanye "Save Mavrovo".

Lesoska mengajukan pengaduan ke EBRD pada 2011, kemudian ia mengunjungi dewan direksi bank di London dan memberi masing-masing anggota dengan koin Makedonia Utara yang menampilkan lynx. Ini untuk kesalahan pekerjaan mereka dan para bankir tetap lebih baik dengan uangnya.


Pada sebuah konferensi EBRD di Warsawa, dia membagikan mainan lynx lucu dengan label seperti, 'Peluk aku, aku hampir punah'. Dia mengorganisir protes publik dan meluncurkan petisi untuk menutup proyek yang mengumpulkan hampir 100.000 tanda tangan.

Itu adalah kombinasi dari permohonan emosional dan tantangan hukum yang mendapatkan daya tariknya sendiri. Tetapi kabar sesungguhnya datang pada 2013, ketika Lesoska mengajukan keluhan ke Konvensi Bern tentang Konservasi Satwa Liar Eropa dan Habitat Alam, pakta yang mengikat secara hukum antara 51 negara.

Dia mengklaim bahwa pemerintah Makedonia Utara melanggar ketentuan karena membangun pembangkit listrik tenaga air di kawasan lindung. Dua tahun kemudian, panitia Konvensi Bern merekomendasikan bahwa negara harus segera menangguhkan pembangkit listrik tenaga air itu sampai Penilaian Lingkungan Strategis selesai, yang membahas kebutuhan konservasi spesifik flora dan fauna, termasuk lynx Balkan.

Haru Biru Cerita Pelindung Lynx, Kucing Langka Hampir PunahFoto: (CNN Travel)


Ia juga mengundang lembaga keuangan internasional untuk mempertimbangkan kembali hasil penilaian lingkungan strategis. Itu karena memutuskan pembiayaan proyek pembangkit listrik tenaga air di taman nasional.

Tak lama setelah itu, Bank Dunia menarik diri dari proyek dan mengikuti perubahan prioritas di sektor energi. Pada bulan Mei 2016, pengadilan Macedonia Utara menguatkan pengaduan hukum terhadap salah satu proyek dan membatalkan izin lingkungannya.

EBRD menyatakan bahwa mereka akan menerima rekomendasi dari Konvensi Bern dan begitu kontrak telah berakhir, pada 2017, akan membatalkan pinjamannya karena kondisi untuk pencairan tidak terpenuhi.

CNN menghubungi pemerintah Makedonia Utara tapi belum menanggapinya saat artikel ini dipublikasi. Kampanyenya diakui oleh yayasan Goldman Prize karena proses yang unik, yakni aktivisme akar rumput dan mekanisme hukum internasional untuk memutus pembiayaan pembangkit listrik tenaga air.

Lesoska mengatakan dia akan terus berjuang melawan bendungan pembangkit listrik tenaga air lain yang direncanakan untuk wilayah tersebut. "Bagiku, itu seperti sebuah agama, percaya pada kekuatan alam. Itu suci. Hubungan saya ke Mavrovo bisa jadi hubungan ke area lindung lainnya yang terancam," katanya. (msl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA